15 Daftar Makanan Khas Suku Sunda Terpopuler dan Bikin Ngiler!

makanan khas suku sunda
Tutug Oncom/Pinterest
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut adalah 15 makanan khas suku Sunda:

1. Nasi Timbel: Nasi yang dikukus dalam daun pisang dan disajikan dengan beragam lauk seperti ayam goreng, ikan bakar, tahu tempe, serta sambal.

2. Pepes Ikan: Ikan yang dibumbui dengan rempah khas Sunda, dibungkus dengan daun pisang, dan dikukus atau dibakar.

3. Sate Maranggi: Sate daging sapi yang diolah dengan bumbu khas suku Sunda dan disajikan dengan sambal kecap.

Baca Juga:Inilah Hari – Hari Baik Potong Kuku Menurut Agama IslamBacaan Doa Qunut Lengkap: Arab, Latin, dan Terjemahan

4. Soto Bandung: Sup dengan kuah bening yang terbuat dari tulang sapi, daging sapi, dan sayuran seperti kentang, tomat, dan daun bawang.

5. Karedok: Sejenis gado-gado dari sayuran mentah seperti kacang panjang, taoge, mentimun, daun kemangi, dan tahu. Disajikan dengan bumbu kacang.

6. Cireng: Singkatan dari aci digoreng, yaitu bola-bola tepung tapioka yang digoreng dan biasanya disajikan dengan saus kacang.

7. Nasi Liwet: Nasi yang dimasak dengan santan, serai, dan daun salam, biasanya disajikan dengan ayam goreng, ikan asin, atau tahu tempe.

8. Sayur Asem: Sup sayuran dengan kuah asam yang terbuat dari asam jawa, sayuran seperti kacang panjang, jagung, labu siam, dan melinjo.

9. Batagor: Singkatan dari bakso tahu goreng, yaitu bola-bola tahu yang diisi dengan adonan bakso ikan dan digoreng. Disajikan dengan saus kacang.

10. Colenak: Sejenis makanan penutup yang terbuat dari ketan yang dipanggang atau digoreng, kemudian dilumuri dengan campuran kelapa parut dan gula merah cair.

Baca Juga:Kamu Punya Jilbab Warna Cream yang Nganggur? Sini deh Intip OOTD-nya yang KekinianPerpaduan Warna Merah Maroon untuk Wanita Hijab dan Non Hijab

11. Surabi: Pancake khas Sunda yang terbuat dari adonan tepung beras, air kelapa, dan gula kelapa. Tersedia dalam berbagai varian seperti surabi oncom, surabi manis, atau surabi pandan.

12. Soto Mie Bogor: Soto mie dengan kuah bening yang terbuat dari kaldu daging sapi dan mie kuning. Disajikan dengan daging sapi, pangsit, dan sayuran.

13. Karedok Leunca: Varian karedok yang menggunakan bahan utama daun leunca, dicampur dengan sayuran lainnya seperti kacang panjang, mentimun, dan tauge.

14. Empal Gentong: Sejenis sop daging sapi dengan kuah berwarna cokelat yang kaya rempah, biasanya disajikan dengan ketupat atau nasi.

0 Komentar