Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana: Setiap ASN Harus Terus Mengasah Kemampuan Berkomunikasi Efektif

Dr Aqua Dwipayana sedang sarapan bersama Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur Heru Suseno dan jajaran di Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu (foto; istimewa)
Dr Aqua Dwipayana sedang sarapan bersama Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur Heru Suseno dan jajaran di Hotel Golden Tulip Holland Resort Batu
0 Komentar

Bagi Dr Aqua Dwipayana memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan birokrasi pemerintahan daerah bukanlah hal baru. Pada banyak kesempatan, anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) Pusat ini kerap memotivasi dan menyuntikkan spirit pelayanan publik di lingkungan birokrasi aparatur sipil pemerintah.

“Melalui pelatihan dan pembinaan, komunikasikan nilai-nilai moral dan etika yang diharapkan dari ASN. Bantu ASN untuk memahami pentingnya memiliki sikap dan perilaku yang baik dalam melaksanakan tugas dan berinteraksi dengan masyarakat. Komunikasikan juga konsekuensi positif dari memiliki akhlak yang baik, seperti reputasi yang baik, kepercayaan masyarakat, dan kemajuan karier,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Lebih jauh disampaikan, setiap ASN perlu terus mengasah cara berkomunikasi kerena ASN harus mampu berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan di organisasi. Mereka dapat menyampaikan ide, informasi, dan pendapat dengan jelas dan efektif. “Komunikasi yang baik membantu memastikan pemahaman yang tepat antar sesama ASN dan memungkinkan kolaborasi yang efisien dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan,” kata Dr Aqua Dwipayana
menegaskan.

Baca Juga:KEK Lido Dongkrak Perekonomian Jabar, RK: Sejalan Dengan Pemulihan Sektor Pariwisata Nasional yang Telah Mulai Pulih Setelah Terdampak Pandemi Covid-19 WBTB Jadi Atraksi Tarik Minat Wisatawan, Pemprov Jabar Tetapkan 54 Karya Budaya

Meningkatkan Kesejahteraan Petani
Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menurut Dr Aqua Dwipayana memiliki tugas dan tanggung jawab kuat agar sektor perkebunan di Jawa Timur dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, serta meningkatkan kesejahteraan para petani perkebunan.

Untuk itu, tugas mulia bagi setiap ASN di Dinas Perkebunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut perlu dipandang sebagai kepercayaan yang harus ditunaikan dengan baik. Jadikan amanah ini sebagai bagian dari ibadah kepada Allah Swt. Inilah bagian dari hadirnya wujud ASN berakhlak.

“Mewujudkan ASN yang berakhlak adalah tujuan penting dalam pengembangan kepegawaian yang berkualitas. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan strategi komunikasi yang efektif buat mempengaruhi sikap, perilaku, dan nilai-nilai ASN,” ungkap Dr Aqua Dwipayana.

Pria yang hobi silaturahim itu menegaskan akhlak yang baik mencerminkan integritas dan moralitas ASN dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

0 Komentar