Sumedang Kota Paling Cerdas, Pengunjung Alun-alun Sumedang Bahagia Berkat Program Smart City Kabupaten Sumedang

Sumedang Kota Paling Cerdas, Pengunjung Alun-alun Sumedang Bahagia Berkat Program Smart City Kabupaten Sumedang
Sumedang Kota Paling Cerdas, Pengunjung Alun-alun Sumedang Bahagia Berkat Program Smart City Kabupaten Sumedang (Ist/Abi Firman by Tinews)
0 Komentar

sumedangekspres – Menuju Sumedang sebagai Kota Cerdas, pengunjung Alun-alun Sumedang bahagia berkat Program Smart City Kabupaten Sumedang.

Suasana di alun-alun Kabupaten Sumedang pada sore hari terlihat sangat ramai dengan kedatangan banyak orang bersama keluarga atau teman-teman untuk menikmati senja. Wajah mereka dipenuhi senyuman yang ceria.

Jika kita melihat sekeliling, dari alun-alun ini terlihat beberapa bangunan penting di Kabupaten Sumedang. Misalnya, kompleks pendopo Kabupaten Sumedang terletak di sebelah selatan dan Gedung DPRD di sebelah utara.

Baca Juga:Lewat Tol Cisumdawu Jangan Lupa Mampir ke Destinasi Wisata Sumedang, Ini Rekomendasi Terbaik UntukmuStaycation Bersama Pasangan dan Menikmati Keindahan Alam yang Menenangkan, Ini Daftar Villa di Sumedang yang Wajib Kamu Kunjungi

Di sebelah timur terdapat bangunan penjara, dan di sebelah barat terdapat Masjid Agung Sumedang. Tidak hanya itu, sekolah-sekolah juga dapat ditemukan di sekitar alun-alun ini.

Alun-alun Kabupaten Sumedang dapat dikatakan sebagai pusat kehidupan masyarakat Sumedang, selain sebagai pusat hiburan. Di sekitarnya, banyak usaha kecil yang bergantung pada keberadaan alun-alun ini.

Salah satu dari mereka adalah Rhezan, seorang penjual cilor yang telah berjualan di depan Masjid Agung Sumedang selama bertahun-tahun, sejak sebelum alun-alun ini direvitalisasi hingga sekarang.

Dia merasa sangat terbantu dengan ramainya alun-alun ini. “Saya bisa menjual sekitar 300 biji cilor di hari biasa, dan pada Sabtu dan Minggu bisa mencapai 500 biji,” ungkap Rhezan.

Tempat ini juga memberikan kesempatan kepada Hadyat, yang menyewakan skuter di sekitar alun-alun. Dia memulai usaha ini empat bulan yang lalu dan membawa empat skuter setiap akhir pekan. “Banyak yang tertarik di sini. Setelah ini, sudah ada orang lain yang mengantri,” kata Hadyat.

Selain itu, di sudut-sudut alun-alun Kabupaten Sumedang terdapat beberapa lemari dengan tulisan “Ca’aang, Bacaan Anak Sumedang.” Ini adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Sumedang untuk mendorong literasi anak-anak di daerah tersebut.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang juga menyediakan banyak fasilitas umum lainnya yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Di sekitar alun-alun terdapat area bermain anak, ruang interaksi, dan sudut sejarah Sumedang Larang yang menarik.

0 Komentar