Sejarah Nama Kota Depok , Singkatan Dari Bahasa Belanda

Sejarah Nama Kota Depok , Singkatan Dari Bahasa Belanda
Sejarah Nama Kota Depok , Singkatan Dari Bahasa Belanda
0 Komentar

sumedangekspres – Sejarah Nama Kota Depok Sering menjadi bahan perbincangan, banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui darimana asal nama Depok.

Depok merupakan kota yang dikenal dengan berbagai fenomena unik yang terjadi di luar nalar manusia.

Sebuah video tentang kota ini baru-baru ini menjadi viral di media sosial.

Baca Juga:Lirik Lagu Stacey Ryan – Fall In Love AloneLirik Lagu Mahalini – Sial 

Asal Nama Kota Depok Diketahui bahwa nama Depok merupakan singkatan dari “De Eereste Protestantse Organisatie van Kristenen”, yang berarti “komunitas Kristen pertama”.

Sejarah Nama Kota Depok Singkatan ini muncul di kalangan penduduk Depok yang tinggal di Belanda pada tahun 1950-an. Istilah Depok berasal dari kerajaan Pajajaran tahun 1020-1579 Masehi.

Menceritakan perjalanan Raja Siliwang di daerah Beji, Depok.

Prabu Siliwangi yang duduk santai (ngedeprok) di kawasan Sungai Ciliwung kala itu terpesona dengan keindahan dan keindahan tempat tersebut. Itu sebabnya kawasan ini disebut Depok.

Selain itu, ada juga cerita sejarah tentang Sultan Ageng Tirtayasa dan Pangeran Purba dari Kesultanan Banten yang melakukan perjalanan ke Cirebon.

Mereka menggunakan jalur yang melewati kawasan Depok dan menetap di Teluk. Saat itu, salah seorang pengikut Pangeran Purba bernama Mbah Raden Wujud memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanannya ke Cirebon.

Dia memutuskan untuk menetap dan membangun pertapaan untuk menyebarkan Islam.

Dari kawasan pertapaan itu kemudian terbentuk sebuah kampung di Kesultanan Banten yang disebut Depok, atau Pertapaan.

Sejarah Nama Kota Depok Seiring berjalannya waktu, para pejabat VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie atau perusahaan dagang Belanda terbesar yang menguasai pusat-pusat perdagangan di Asia pada abad ke-17), Cornelis Chastelein, membeli tanah di kawasan Mampang dan Depok Lama.

Baca Juga:Lirik dan Cord Lagu Komang – Raim LaodeSejarah Kota Depok Pernah Jadi Negara

Pejabat VOC Cornelis Chastelein membeli tanah di kawasan Mampang dan Depok Lama, yang telah digunakan untuk perkebunan sejak 1696. Cornelis juga menyebarkan agama Kristen di kalangan rekan-rekannya melalui Padepokan Kristen.

Berkaitan dengan penyebaran agama Kristen, Cornelis menyebutkan daerah penyebarannya dalam bahasa Belanda yaitu De Eerste Protestantse Organisatie van Kristenen (disingkat DEPOK), yang berarti organisasi Kristen pertama.

0 Komentar