Ternyata Ubi Ungu Bisa Menjadi Pengganti Nasi Ketika Sedang Diet? Inilah Manfaat Ubi Ungu

Ternyata Ubi Ungu Bisa Menjadi Pengganti Nasi Ketika Sedang Diet? Inilah Manfaat Ubi Ungu
Ternyata Ubi Ungu Bisa Menjadi Pengganti Nasi Ketika Sedang Diet? Inilah Manfaat Ubi Ungu (ISTIMEWA/FREEPIK)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Ternyata Ubi Ungu Bisa Menjadi Pengganti Nasi Ketika Sedang Diet? Inilah Manfaat Ubi Ungu.

Ubi jalar ungu merupakan tanaman berbonggol dengan nama latin Ipomoea batatas L., yang akarnya sering digunakan sebagai sumber karbohidrat alternatif pengganti nasi.

Dalam bahasa Inggris, ubi ungu dikenal dengan sebutan “Purple Sweet Potato” atau hanya “ubi jalar”. Seperti namanya, ubi ungu memiliki rasa manis alami dan akan lebih mengembang dibandingkan kentang saat dimasak.

Baca Juga:Nonton Jadi Makin Asik Sambil Nyemil Keripik Ubi Ungu Yang Sangat Enak & Lezat BangetBolu Kukus Dari Ubi Ungu Viral, Ternyata Begini Cara Membuatnya, Wahh Mudah Banget!

Varietas ubi jalar bervariasi warnanya dari ungu, merah, kuning atau keputihan hingga varietas yang lebih umum. Hal ini dapat dipengaruhi oleh varietas, tanah, iklim dan mineral tanah yang tersedia dimana ubi jalar tumbuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna ubi mempengaruhi kandungan nutrisinya. Misalnya, ubi merah dan kuning yang tinggi betakaroten, dan ubi ungu yang tinggi antosianin.

Berikut berbagai manfaat yang dihasilkan oleh ubi jalar :

Membantu pembakaran kalori

100 gram ubi ungu mengandung sekitar 20 gram karbohidrat kompleks. Sekilas, ini mungkin terdengar tidak terlalu berguna untuk menurunkan berat badan.

Namun, karena ubi ungu rendah kalori dan juga memiliki konsentrasi nutrisi lain yang cukup tinggi, ubi ungu dapat memberi Anda dorongan energi ekstra, memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori di antara waktu makan.

Meningkatkan imunitas tubuh

Ubi ungu kaya akan antioksidan dan vitamin yang meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kandungan vitamin C, betakaroten, dan antosianin pada ubi ungu juga berperan sebagai senyawa aktif yang memberikan efek antioksidan saat dikonsumsi. Ini membantu melawan kelebihan radikal bebas dan peradangan dalam tubuh.

0 Komentar