Pengertian dan Ciri-Ciri Puisi Deskriptif

Pengertian dan Ciri-ciri puisi deskriptif
Pengertian dan Ciri-ciri puisi deskriptif(freepik)
0 Komentar

sumedangekspres– Pengertian dan Ciri-ciri puisi deskriptif, untuk menambah wawasan kamu terkait salah satu jenis puisi dalam tentang pelajaran karya sastra.

Puisi deskriptif adalah jenis karya sastra yang menggambarkan suatu keadaan, benda, suasana, peristiwa yang menarik. Puisi ini digunakan penyair untuk mengungkapkan kesan hingga kritik terhadap sesuatu yang dianggapnya menarik perhatian.

Dilansir dari berbagai sumber telah merangkum pengertian puisi deskriptif, ciri, struktur sebagai berikut.

Pengertian Puisi Deskriptif

Baca Juga:Wisata Curug Kebumen, Panorama Air Terjun Yang MempesonaKata-Kata Mutiara Penuh Hikmah Merayakan Idul Adha

Puisi deskriptif adalah puisi yang penyairnya bertindak sebagai pemberi kesan terhadap keadaan/peristiwa, benda atau suasana yang dipandang menarik perhatian penyair.

Puisi deskriptif dibagi menjadi tiga macam yaitu satire, kritik sosial dan impresionik. Puisi satire merupakan jenis puisi yang mengungkapkan rasa ketidakpuasan penyair terhadap suatu keadaan. Puisi satire biasanya berisi tentang cemooh dan sindiran pada masalah sosial dengan tujuan memberikan koreksi terhadap penyelewengan.

Puisi kritik sosial merupakan jenis puisi yang berisi rasa ketidaksenangan penyair kepada keadaan dan seseorang. Puisi impresionistik merupakan puisi yang mengungkapkan kesan penyair terhadap sesuatu.

Ciri-Ciri Puisi Deskriptif

1. Bersifat Deskriptif
Ciri pertama dari puisi deskriptif yaitu bersifat deskriptif. Menjabarkan terkait perasaan yang sedang dirasakan oleh penyair.

2. Menggambarkan Perasaan Penyair
Puisi deskriptif menggambarkan bagaimana perasaan yang dirasakan penyair terhadap keadaan, benda dan suasana yang dianggap menarik

3. Berisi Kritikan
Puisi deskriptif berisi kritik sosial yang menyatakan ketidaksenangan.

Struktur Puisi Deskriptif

1. Tema
Struktur pertama dari puisi deskriptif yaitu tema. Dalam sebuah puisi tema digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan sosial.

2. Nada dan Suasana
Nada dan suasana diperlukan untuk membangun jiwa bagi pembaca puisi.

Baca Juga:Berikut Uang Kuliah Tunggal UB, Dari Kelompok I Sampai IVKamu Mimpi Mengenai Uang, Berikut Arti Mimpi Dapat Uang Banyak Pertanda Bahwa….

3. Perasaan dalam Puisi
Dalam puisi harus memiliki perasaan dan emosi untuk membangun ekspresi dari isi puisi.

4. Amanat
Amanat merupakan struktur terakhir dalam puisi deskriptif. Setiap karya sastra puisi memiliki amanat untuk pembacanya.

Itulah Pengertian dan Ciri-ciri puisi deskriptif. Semoga bermanfaat!

0 Komentar