TMMD Ke-116 di Desa Wanajaya Surian Resmi Ditutup

TMMD Ke-116 di Desa Wanajaya Surian Resmi Ditutup
TMMD Ke-116 di Desa Wanajaya Surian Resmi Ditutup
0 Komentar

sumedangekspres Desa Wanajaya Surian, kegiatan TNI Membangun Desa (TMMD) ke-116 Tahun Anggaran 2023 di wilayah Kodim 0610 Sumedang yang dipusatkan di Desa Wanajaya Kecamatan Surian dari tanggal 10 Mei sampai 8 Juni 2023 akhirnya resmi  ditutup.

Prosesi penutupan TMMD ditandai dengan penandatangan naskah serah terima dari Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr. Hanla kepada Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan atas nama Pemkab Sumedang.

Dandim 0610 Sumedang Hendrix Fahlevi Rankuti selaku Komandan Satgas TMMD melaporkan, selama tiga puluh hari sasaran telah dikerjakan dalam kegiatan tersebut yang mencakup dua sasaran yaitu fisik dan sasaran non fisik, dimana masing-masing sudah mencapai seratus persen.

Baca Juga:Bupati Hadiri Sertijab Danyon Raider PKSApakah Ning Umi Laila Sudah Menikah ? Fakta Menarik Mengenai Ning Umi Laila Yang Kalian Cari

“Sasaran fisik pokok yaitu pengerjaan cor beton jalan dengan volume panjang 800 meter x lebar 2,5 meter tinggi 15 meter, tembok penahan tanah (TPT) panjang 50 meter, lebar 30 sampai dengan 7 cm  tinggi 75 cm sampai dengan 1,5  meter.

Pengerjaan Plat beton diameter 60 cm x panjang 5 meter, pekerjaan Loneng  panjang 1,2 m, lebar 40 cm, tinggi 50 cm dua unit. Kemudian sasaran tambahan berupa MCK, sarana olahraga dan cor beton jalan” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, sasaran non fisik antara lain berupa penyuluhan dan sosialisasi dengan melibatkan lintas sektoral dari badan, instansi dan lembaga.

“Penyuluhan tersebut seperti penyuluhan ceramah, Bela Negara, Kamtibmas, perikanan dan peternakan, kesehatan dan pelayanan SIM,” ujarnya.

Dituturkan Dandim, dipilihnya Desa Wanajaya sebagai lokasi TMMD sudah direncanakan jauh-jauh hari serta ditinjau dari berbagai aspek seperti geografis, sosial, pendidikan dan infrastruktur.

“Secara wilayah dengan luas 462 hektar terdiri dari daerah perkebunan dan kehutanan. Masyarakatnya lebih condong bertani, fasilitas pendidikan
hanya berupa playgroup sampai SD, kemudian jalan terdekat perlu ada perbaikan dan pembangunan,” tuturnya.

Wabup Erwan atas nama Pemkab Sumedang menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kodim 0610 Sumedang yang telah melaksanakan TMMD di Desa Wanajaya Kecamatan Surian.

0 Komentar