Mau Liburan Sekalian Healing di Raja Ampat? Ternyata Raja Ampat Berada Di…

Raja ampat berada di
Raja ampat berada di(adonde-y-cuando.es)
0 Komentar

sumedangekspres– Liburan sekalian healing di Raja Ampat, ternyata Raja Ampat berada di provinsi Papua Barat Daya

Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat Daya, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai. Kabupaten ini memiliki 610 pulau, termasuk kepulauan Raja Ampat. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar.

Kepulauan ini berperan penting sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah luar negeri. Pulau Fani yang terletak di ujung paling utara rangkaian Kepulauan Raja Ampat, berbatasan langsung dengan Republik Palau.

Secara ringkas berikut ini data statistik Kab. Raja Ampat:

Geografi
Secara geografis, batas wilayah Kabupaten Raja Ampat meliputi:

Baca Juga:Ini Syarat Chek In Oyo Dengan Pacar, Ada Kebijakan Khusus?Saung Bambu Sumedang Konsep Ala Bali Makanan Khas Sunda

Batas utara: Samudera Pasifik dan Republik Palau
Batas selatan: Kota Sorong dan Kabupaten Sorong
Batas timur: Kabupaten Seram Utama
Batas barat: Laut Seram
Kabupaten Raja Ampat memiliki total luas wilayah 67.379,6 kilometer persegi dengan total luas daratan 7.559,6 kilometer persegi. Wilayah Kab. Pusat pemerintahan Kab. Raja Ampat berada di Distrik Kota Waisai sekitar 70 kilometer dari Kota Sorong.

Raja Ampat sekarang terbagi menjadi 24 distrik di 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Pulau Misool serta terdiri dari 600 pulau-pulau kecil.

Wilayah terluas adalah Distrik Waigeo Barat, sekitar 12,98 persen dari total luas wilayah. Wilayah terkecil adalah Distrik Tiplol Mayalibit hanya 0,44 persen dari total luas Raja Ampat.

Sebagian besar penduduk di Kab. Raja Ampat tinggal di daerah pesisir. Terlihat dari topografi wilayah di mana sebanyak 107 desa merupakan desa pesisir. Sedangkan 14 desa bukan pesisir terletak di daerah barat.

Iklim
Keadaan iklim Kab. Raja Ampat dapat dilihat dari ringkasan berikut ini:

Rata-rata suhu udara 27,2 derajat celsius
Hari hujan 250 hari
Curah hujan 2.511 milimeter kubik
Rata-rata tekanan udara 1.008,9 milibar
Rata-rata kelembaban udara 87 persen
Curah hujan terendah terjadi selama Bulan September yaitu 102 milimeter kubik. Suhu udara minimum terendah terjadi pada Agustus dan Oktober sedangkan suhu udara maksimum tertinggi tejradi pada Januari dan September.

0 Komentar