Dibangun Dari Tahun 2012, Finishing 11 Tahun Kemudian, Berapa Sih Kilometer Tol Cisumdawu-Kertajati?

kilometer tol cisumdawu-kertajati
kilometer tol cisumdawu-kertajati(muaraindonesia.com)
0 Komentar

sumedangekspres– Kilometer tol Cisumdawu-Kertajati, Akses jalan Tol Cisumdawu dipastikan bisa diakses saat arus mudik Lebaran 2023.

Namun info terbaru, Tol yang menghubungkan Cileunyi-Dawuan ini hanya bisa digunakan pemudik hingga Gerbang Tol Ujung Jaya di Kilometer (Km) 216.

Penggunaanya pun hanya bisa sampai pukul 15.00 WIB.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan dibuka secara fungsional pada 15 April 2023 mendatang guna mendukung mudik Lebaran tahun ini. Dengan begitu, pemudik yang mengarah ke Cirebon dari Bandung bisa full menggunakan Tol Cisumdawu.

Baca Juga:20+ Destinasi Instagramble Bogor, Berasa di Eropa Sampai Bisa Lihat Flora dan Fauna!Toleransi Agama Keluarga Nadiem Makarim

Pemudik dipastikan bisa mengakses Jalan Tol Cisumdawu saat arus mudik Lebaran 2023. Namun, tol yang menghubungkan Cileunyi-Dawuan ini hanya bisa digunakan pemudik hingga Gerbang Tol Ujung Jaya di Kilometer (Km) 216. Penggunaanya pun hanya bisa sampai pukul 15.00 WIB. Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Wibowo mengatakan, saat ini ada dua jalur A dan B yang bisa digunakan sampai ke Gerbang Tol Cimalaka di Km 186.

“Dari pihak BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) akan mengfusionalkan sisa ruas tol lanjutan dari Km 186 ke Km 216 hingga bertemu di Km 152 Tol Cipali

Pola lalu lintas yang digunakan pada jalur A ini pun berlaku one way pada saat mudik maupun balik. Selain itu, sisa jalur A dari Km 186 hingga 216 ini pun tak bisa diakses hingga 24 jam, melainkan dibatas hanya dari pukul 06.00-15.00 WIB.

Ketentuan batas waktu ini diberlakukan untuk keselamatan para pemudik, mengingat kondisi akses dan fasilitas dijalur tersebut belum maksimal sepenuhnya, seperti penerangan yang belum terpasang hingga belum adanya rest area resmi. “Pas sore ke malam ini jalanannya berkabut. Makanya, kita siapkan sampai jam segitu karena untuk keselamatan masyarakat juga,” ujarnya.

Meski begitu, rest area sementara rencana akan dibangun di titik Km 194 hingga 195 di jalur B untuk memfasilitasi istrirahat pemudik dalam tempo waktu yang terbatas. Sejumlah fasilitas pun bakal disiapkan seperti SPBU mini, toilet portabel, dan kebutuhan lainnya. Bahkan, akan ada petugas pengisi bahan bakar yang dibekali kendaraan motor yang siap mengantarkan langsung bahan bakar kepada pemudik yang membutuhkan.

0 Komentar