Bahannya Seringan Kapas, Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Geofoam di Jalan Tol Cisumdawu

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Geofoam di Jalan Tol Cisumdawu
Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Geofoam di Jalan Tol Cisumdawu (Dok. Kementerian PUPR)
0 Komentar

sumedangekspres – Dibalik kecangghiannya, simak kelebihan dan kekurangan Teknologi Geofoam yang digunakan pada Jalan Tol Cisumdawu.

Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) Seksi 4-6, yakni Cimalaka-Dawuan sepanjang 29,3 kilometer ditargetkan rampung pada pekan ini, 15 Juni 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga:Rekomendasi Tempat Wisata Solo InstagramableDekat Dengan Solo, 12 Tempat Wisata Karanganyar Terbaik dan Terbanyak Pengunjung

Bukan hanya karena ini akan merampungkan keseluruhan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, namun ada keunikan pada pembangunan Seksi 5A di Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang yakni penerapan teknologi Geofoam EPS (Extended Polystyrene).

Pada twit akun @KemenPU di media sosial juga diinformasikan bahwa keunikan dari jalan tol Cisumdawu bukan dari Twin Tunnelnya saja, namun juga karena adanya penerapan teknologi khusus dan canggih ketika pembagunan.

“Jalan Tol Cisumdawu bukan hanya jadi salah satu tol terunik yang terkenal dengan twin tunnelnya lho, Sahabat. Jalan Tol Cisumdawu juga punya keunikan lain yaitu menerapkan teknologi khusus dan canggih selama pembangunannya,” bunyi cuitan akun @KemenPU di media sosial Twitter pada 8 Juni lalu.

Serupa dengan keterangan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat Brawijaya yang memberikan penjelasan bahwa Geofoam EPS digunakan untuk menangani lapisan tanah yang labil.

Pada Seksi 5A memang terdapat bagian tanah yang labil dan berair sehingga tidak bisa ditangani dengan timbunan atau urugan tanah biasa.

“Kalau memakai timbunan biasa, bebannya menjadi terlalu berat sehingga rawan longsor,” kata Brawijaya dikutip dari laman pu.go.id. “Kelebihan utama geofoam adalah bebannya yang ringan, sehingga kita gunakan untuk mengurangi risiko longsor.”

Dalam penjelasan yang ditambahkan kementerian disebutkan Geofoam EPS dapat digunakan untuk keperluan konstruksi berat.

Baca Juga:Bukan Hanya Candi borobudur, Ini 10 Tempat Wisata di Magelang Terdekat yang Jarang Diketahui Orang, Cocok Untuk Liburan Sekolah, Kuliah dan Kerja10 Tempat Wisata Lembang Terbaru 2023 yang Belum Pernah Kamu Kunjingi, Cek Disini!

Sangat ringan serta mudah dibentuk dan dipasang, sifat material ini antara lain tak teroksidasi oleh udara, air, maupun elemen lainnya, tahan rayap, serta hemat waktu dan biaya pengerjaannya.

“Proses pemasangan balok EPS juga dapat terus berjalan tanpa bergantung kondisi cuaca.” Diketahui, total geofoam yang dipakai di Seksi 5A di Jalan Tol Cisumdawu sebanyak hampir 40 ribu meter kubik.

0 Komentar