Ternyata Ini Manfaat Temulawak Yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Untuk Mencegah Kanker?

Ternyata Ini Manfaat Temulawak Yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Untuk Bencegah Kanker?
Ternyata Ini Manfaat Temulawak Yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Untuk Bencegah Kanker? (Istimewa/Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Ternyata Ini Manfaat Temulawak Yang Wajib Kamu Ketahui, Bisa Untuk Mencegah Kanker?

Temulawak merupakan tanaman asli Indonesia. Bentuk temulawak umumnya mirip dengan kunyit. Jahe ini memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza dan berbentuk tabung dengan diameter sekitar 6 cm.

Biasanya jahe ini memiliki kulit berwarna kuning muda. Seperti buaian tunggal tanpa benang sari. Jahe ini hanya memiliki satu akar rimpang.

Baca Juga:Resep Mie Ayam Solo Ini Bisa Membuat Nafsu Makan Sikecil Jadi BertambahInilah Kuliner India Yang Sering Kamu Lihat Prosesnya Di FYP Tiktok, Rasanya Mantap Buanget! Cara Membuat Papri Chaat

Akar adalah bagian batang yang terletak di bawah tanah. Rimpang bisa juga disebut umbi akar atau umbi batang. Diantara semua rimpang genus Curcuma, rimpang temulawak ini paling besar diantara tanaman lainnya.

Rimpang temulawak terdiri dari rimpang induk dan batang. Tanaman akar berbentuk bulat telur dan berwarna kuning tua. Sementara itu, di dalamnya berwarna coklat-oranye.

Rimpang temulawak mengandung beberapa komponen seperti protein, minyak atsiri, kurkumin, lemak, selulosa, mineral dan pati.

Komponen utama rimpang temulawak adalah pati. Pati biasanya berwarna putih kekuningan karena mengandung kurkuminoid.

Selain itu rimpang temulawak mengandung tiga bahan aktif yang menyehatkan. Pertama, Germacron, yang mencegah pembengkakan dan peradangan.

Kedua, p-trimethylcarbinol dan D-camphor sesquiterpenes, yang meningkatkan produksi dan empedu. Yang ketiga adalah kunyit, yang bertindak sebagai agen antimikroba.

Manfaat tanaman jahe ini telah banyak digunakan dalam pengobatan tradisional China selama ribuan tahun. Umumnya temulawak tumbuh liar dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Baca Juga:Masakan Prindavan Yang Ini Bisa Buat Kamu Ketagihan, Yuk Kepoin Cara Pembuatan Ladoo Makanan Kesukaan KrisnaTidak Perlu Pergi Keluar Kota, Ternyata Sumedang Juga Punya Hotel Bintang 5 Lho! Inilah Hotel Sumedang Bintang 5

Kanker adalah penyakit mengerikan yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali.

Beberapa ahli mempresentasikan penelitiannya, yang menurutnya kandungan temulawak dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel berbahaya pada kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat.

Sebuah penelitian tahun 2001 menyimpulkan bahwa kandungan temulawak jika digunakan dengan benar dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat.

Sementara itu, penelitian dari University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada temulawak dapat menghentikan pertumbuhan kanker.

0 Komentar