Resep Mie Ayam Solo Ini Bisa Membuat Nafsu Makan Sikecil Jadi Bertambah

Resep Mie Ayam Solo Ini Bisa Membuat Nafsu Makan Sikecil Jadi Bertambah
Resep Mie Ayam Solo Ini Bisa Membuat Nafsu Makan Sikecil Jadi Bertambah (Istimewa/Freepik)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Resep Mie Ayam Solo Ini Bisa Membuat Nafsu Makan Sikecil Jadi Bertambah.

Mie Ayam Solo, masakan khas yang digemari banyak orang di seluruh Indonesia. Mie Ayam Solo yang berasal dari kota Solo di Jawa Tengah ini terkenal dengan kombinasi rasa dan teksturnya yang lezat.

Hidangan terkenal ini telah menjadi bagian dari budaya kuliner Indonesia dan menawarkan makanan yang mengenyangkan dan mengenyangkan.

Baca Juga:Inilah Kuliner India Yang Sering Kamu Lihat Prosesnya Di FYP Tiktok, Rasanya Mantap Buanget! Cara Membuat Papri ChaatMasakan Prindavan Yang Ini Bisa Buat Kamu Ketagihan, Yuk Kepoin Cara Pembuatan Ladoo Makanan Kesukaan Krisna

Mie Ayam Solo terdiri dari mie telur yang dimasak sempurna disajikan dengan irisan daging ayam yang empuk dengan berbagai topping dan bumbu.

Biasanya, hidangan ini disajikan dengan saus kaya rasa yang menciptakan keseimbangan rasa yang harmonis.

Setiap komponen menambahkan sentuhan uniknya sendiri, menghasilkan kombinasi rasa dan tekstur yang lezat.

Salah satu kunci dari Mie Ayam Solo adalah bumbu khusus yang digunakan untuk merendam ayam. Ayamnya diolah dengan campuran bumbu aromatik, memberikan rasa yang kaya dan asin.

Mienya dimasak dengan sempurna, menghasilkan kerenyahan lezat yang melengkapi kelembutan ayamnya.

Topping lain seperti daun bawang cincang, bawang merah goreng, dan kulit pangsit renyah menambah rasa dan tekstur pada hidangan ini.

Langkah pembuatan :

  1. Pertama-tama rebus air kurang lebih 1 liter atau secukupnya. Masukkan daging ayam dan masak selama 15 menit atau hingga matang tanpa keluar darah.
  2. Kemudian tiriskan dan potong-potong kecil daging ayam. Sisihkan. Pisahkan tulangnya untuk membuat kuah.
  3. Selanjutnya untuk kuah mie, rebus 700 ml air. Masukkan tulang ayam dan rebus kurang lebih selama lebih kurang 30 menit dengan api kecil.
  4. Setelah itu sambil menunggu kuah jadi, buat minyak ayam. Panaskan minyak secukupnya, masukkan kulit ayam, goreng dengan api kecil hingga matang dan kulit mengering mengeluarkan minyak. Cincang bawang putih, tumis sebentar, matikan api. Masukkan garam dan lada bubuk, aduk hingga rata.
  5. Kemudian cincang bawang bombai, bawang merah dan bawang putih. Haluskan kunyit dan ketumbar, memarkan lengkua dan jahe. Cuci bersih daun salam dan daun jeruk.
  6. Setelah itu panaskan minyak secukupnya, tumis semua bumbu bawang hingga harum mulai kecokelatan. Masukkan kaldu ayam sedikit. Masukkan gula, garam, merica, bubuk pala, kecap manis, kecap asin, saus tiram dan minyak wijen. Aduk rata hingga mendidih, lalu masukan ayam.
  7. Langkah terakhir rebus mie kering hingga matang. Tiriskan dan tuang ke dalam mangkuk.
  8. Masukkan 2 sdm minyak ayam, aduk hingga tidak lengket. Beri taburan daun bawang, bawang merah goreng dan sawi yang sudah direbus. Tuang ayam dan kaldu secukupnya.
  9. Mie ayam khas surakarta siap disajikan.
0 Komentar