Sejarah dan Fasilitas Terbaik Stasiun Kereta Api Garut

Sejarah dan Fasilitas terbaik Stasiun kereta api Garut
Sejarah dan Fasilitas terbaik Stasiun kereta api Garut
0 Komentar

sumedangekspres– Fasilitas Stasiun kereta api Garut, menumpangi kereta api adalah alternatif yang bisa kamu lakukan ketika akan berkunjung ke suatu tempat tanpa menyetir, hanya duduk saja kamu akan sampai ke tempat tujuan. Di Garut ada stasiun yang bisa kamu gunakan untuk liburan ke luar kota. Berikut sejarah dan fasilitas kereta api Garut.

Sejarah Stasiun Garut
Sejarah pembangunan Stasiun Garut beserta rutenya dimulai pada tahun 1886. Adapun sosok yang menggagas pembangunan tersebut adalah Staatsspoorwegen (SS) Westerlijnen.

Jalur tersebut baru diresmikan pada tanggal 14 Agustus 1889. Kemudian pada tanggal 18 Juli 1911, pembangunan dilanjutkan dengan rute Garut – Cikajang, dan selesai pada tahun 1930.

Baca Juga:Keutamaan Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah, Berikut Tata Cara dan Doa Niat Puasa!Sepak Terjang Timnas Sepak Bola Indonesia U-20

Jalur kereta api Garut – Cikajang mendapatkan status sebagai jalur kereta api tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Karena ketinggiaannya berada di 1.246 mdpl.

Keberadaan jalur kereta api pada saat itu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hanya saja, pada tahun 1970 an masalah mulai bermunculan.

Persoalan suku cadang kereta api yang sulit, ditambah aspek managerial, serta sepinya para penumpang, menjadi cikal bakal layanan beberapa jalur kereta harus dihentikan.

Pada tahun 1983, rute kereta api Stasiun Garut – Cibatu adalah yang pertama dihentikan. Kemudian setahun selanjutnya (1983) rute Stasiun Garut – Cikajang harus dihentikan.

38 tahun menjadi tidur panjang bagi Stasiun Garut beserta beberapa jalurnya. Akhirnya, pada tahun 2022 jalur Stasiun Garut – Cibatu, dan rute Stasiun Garut – Jakarta dihidupkan kembali.

Bagi para sesepuh yang lahir sebelum tahun 80 an, beroperasinya kembali Stasiun Garut membangunkan kembali memori lama yang tak terlupakan.

Bagi generasi milenial, Stasiun Garut adalah salah-satu saksi sejarah. Buktinya, beberapa bangunan di kawasan Stasiun Garut masih tetap dipertahankan sebagai situs sejarah.

Baca Juga:Jadi Penyebab kemacetan? Benarkan Tugu Kujang di Bunderan Kadipaten Akan Dibongkar?Marquez Cedera, Jorge Martin Berhasil Juara di MotoGP Jerman 2023!

Stasiun Garut
Stasiun Cibatu merupakan stasiun kereta api kelas II yang terletak di Jalan Cibatu, Sindangsari, Garut, Jawa Barat. Stasiun yang terletak pada ketinggian +612 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi II Bandung dan saat ini merupakan stasiun kereta api aktif terbesar di Kabupaten Garut. Lokasi stasiun ini kurang lebih 21 kilometer di sebelah utara ibu kota Kabupaten Garut. Posisi dan ukuran stasiun yang relatif besar ini menjadikan stasiun ini menjadi stasiun utama keberangkatan bagi warga Garut untuk bepergian ke berbagai jurusan di Jawa dengan kereta api.

0 Komentar