Warga Tenggelam di Waduk Saguling

Warga Tenggelam di Waduk Saguling
Warga Tenggelam di Waduk Saguling (Istimewa)
0 Komentar

sumedangekspres – Tim SAR Gabungan langsung bergerak menuju lokasi penemuan korban, yang dilaporkan pada pukul 03.00 WIB dini hari. Laporan tersebut datang dari warga pemilik keramba di Saguling.

Pelapor menyampaikan dirinya melihat korban ditemukan mengambang di sekitar Last Known Position (LKP) dalam kondisi meninggal dunia.

Komandan Tim Rescue, A Rafik menyebut sekitar pukul 03.27 WIB korban dievakuasi ke posko SAR Gabungan untuk selanjutnya dibawa ke rumah duka menggunakan ambulance Desa Pataruman pada pukul 04.19 WIB.

Baca Juga:Bahayakan Warga Sarang Tawon DimusnahkanMelawan Arah, Bocah 10 Tahun Tewas Usai Tabrakan Motor

Korban atas nama Endang, (54) dilaporkan tenggelam saat tengah memancing di Waduk Saguling tepanya di DesaTanjungjaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

Endang 54, korban merupakan Kampung Balak Asap Rt 01/04 Desa Pataruman Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.

“Tim SAR Gabungan dibagi menjadi 2 Search and Rescue Unit (SRU), SRU 1 pencarian menggunakan deteksi oleh aqua eye dan Under Water Search Device (UWSD) dan dilakukan penyelaman di sekitar Last Known Position (LKP) dan SRU 2 melakukan penyisiran menggunakan spead boat milik Dinas Perhubungan Prov Jawa Barat dengan radius 500 meter,” terang Komandan Tim Rescue, A Rafik.

Ia menjelaskan, kedalaman waduk bervariasi terdeteksi oleh UWSD mulai dari 20 hingga 50 meter dengan visibility bawah air 2 meter. Sedangkan kendala yang dihadapi Tim di lapangan yaitu banyaknya jangkar atau keramba apung, terdapat palung bawah air dan lumpur yang sangat tebal.

Adapun unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Bandung, Dishub Provinsi Jawa Barat, Polsek Cililin, BPBD Kab. Bandung Barat, Babinsa Desa Tanjungjaya, Muspika Desa Tanjungjaya, R2B, Manspeac dan FKPM Cimahi. (kos)

0 Komentar