Jalan Tol Cisumdawu Akan Beroperasi Awal Juli 2023

Jalan Tol Cisumdawu Akan Beroperasi Awal Juli 2023
Jalan Tol Cisumdawu Akan Beroperasi Awal Juli 2023
0 Komentar

sumedangekspres – Tol Cisumdawu akan beroperasi penuh dari seksi 1 hingga 6 dalam beberapa hari.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ruas tol Cileunyi-Sumedang-Dawua (Cisumdawu) beroperasi penuh pada awal Juli 2023.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perhubungan Triono Junoasmono mengatakan progres konstruksi tol Cisumdaw sudah mendekati 100 persen.

Baca Juga:Suami Tasyi Athasyia Mengaku Membayar Upah Buruh di Bawah UMRPinjol legal Yang Terdaftar OJK 2023

Untuk saat ini, tinggal membersihkan, merapikan, dan memperindah jalan Tol Cisundawu .

Presiden Joko Widodo berencana membuka penuh tol Cisumdawu akhir bulan ini. “Sesuai arahan, kami harapkan awal Juli bisa beroperasi penuh,” kata Triono dalam rapat di Tol Cisumdawu, Jumat (23/6/2023)

Triono mengatakan, pihaknya akan segera membahas aturan pengoperasian tol Cipali setelah uji kemampuan operasional selesai.

Setelah surat keputusan operatif datanglah surat kesepakatan bersama. “Awalnya kami operasikan, kemudian setelah operasi biasanya dua minggu baru tarif berlaku,” kata Triono.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan tol Cisumdaw nantinya akan menjadi penghubung Bandara Kertajai, salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sudah selesai. Selain karena jarak tempuh menuju Bandara Kertaya hanya sekitar satu jam, jalan yang telah selesai sebagian ini akan menjadi salah satu jalan tol dengan pemandangan yang indah.

Jalan Tol Cisumdawu menawarkan panorama Tampomas dan Pegunungan Manglayang. Ini juga memiliki keistimewaan lain: jalan tol pertama dengan terowongan ganda.

Selain itu, Jalan Tol Cisumdawu juga telah menerapkan salah satu inovasi teknologi khusus dan canggih, yaitu penggunaan EPS Geofoam dalam konstruksi.

Baca Juga:Menelisik Keluarga Kerajaan Sleeping Prince ArabCara Mendaftar Paylater Gojek Di Jamin Cepat

Geofoam EPS ringan, yang mengurangi risiko tanah longsor saat berhadapan dengan tanah yang tidak stabil dan tergenang air di Bagian 5A dibandingkan dengan TPA atau TPA standar. “PSN salah satunya, selain jalur pembayaran juga ada 7 bendungan. Kemudian ada beberapa proyek lain termasuk pengembangan kawasan.”

Sebelumnya, mulai Januari 2022, tol Cisumdawu beroperasi pada seksi 1 Cileunyi – Pamulihan (11,45 km).

Kemudian Seksi 2 Pamulihan – Sumedang (17,05 km) dan Seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4,05 km) beroperasi mulai Desember 2022 dan akan mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan pada musim Nataru 2022/2023.

0 Komentar