Spotlight Effect atau Jadi Pusat Perhatian Terkadang Bikin Risi Gasih

Spotlight Effect atau Jadi Pusat Perhatian Terkadang Bikin Risi Gasih
(TEZBLR:pinterest)Spotlight Effect atau Jadi Pusat Perhatian Terkadang Bikin Risi Gasih
0 Komentar

sumedangekspres – Spotlight Effect atau Jadi Pusat Perhatian Terkadang Bikin Risi Gasih, Bro sis, gue mau bahas tentang “Spotlight Effect” nih, yang sering bikin kita ngerasa selalu jadi pusat perhatian.

Jadi, Spotlight Effect ini adalah fenomena psikologis dimana kita cenderung merasa bahwa orang lain selalu memperhatikan kita secara berlebihan.

Kita berpikir bahwa semua tindakan, penampilan, dan kesalahan kita terus-menerus diperhatikan dan dinilai oleh orang lain.

Gue yakin banget, bro sis, lu pernah mengalami hal ini.

Baca Juga:YouTube OTW Jadi Pesaing Tiktok : Digital Shopping LiveYoutube Sedang Uji Coba Channel Belanja Pertamanya Di Korea Selatan

Misalnya, kita keluar rumah dengan pakaian yang kita rasa kurang oke, terus kita ngerasa semua mata orang langsung tertuju ke kita dan ngebicarain penampilan kita.

Atau mungkin kita ngomong di depan umum dan merasa bahwa semua orang memperhatikan setiap kata yang keluar dari mulut kita.

Padahal, kenyataannya, orang lain gak sefokus itu sama kita. Mereka punya perhatian dan pikiran masing-masing yang gak selalu tertuju ke kita.

Mungkin ada yang melihat, tapi gak sampai seintens yang kita bayangkan. Itu karena setiap orang juga punya kehidupan dan masalah mereka sendiri.

Nah, Spotlight Effect ini bisa bikin kita terlalu sadar diri dan khawatir tentang penampilan atau tindakan kita. Kita jadi overthink dan gak bisa bebas jadi diri sendiri.

Kita terlalu takut membuat kesalahan atau menjadi perhatian negatif bagi orang lain.

Tapi sebenarnya, bro sis, Spotlight Effect ini hanyalah ilusi yang ada di pikiran kita. Kita harus sadar bahwa semua orang juga punya kekhawatiran dan fokusnya sendiri.

Baca Juga:Bank Indonesia Sedang Mempersiapan Redenominasi Mata Uang RupiahDekorasi Cafe Bikin Betah Nongkrong Sampe Lupa Waktu

Kita gak perlu terlalu memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Yang penting, kita jadi diri sendiri dan melakukan hal-hal yang kita percaya.

Gue mau kasih tips, bro sis, untuk mengatasi Spotlight Effect ini. Pertama, kita harus belajar menerima diri kita sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang ada.

Kita gak bisa menyenangkan semua orang, dan itu oke. Kedua, kita harus fokus pada hal-hal yang penting dan membuat kita bahagia, daripada terlalu memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang kita.

0 Komentar