Apa Singkatan Tol CISUMDAWU? Ini Dia Arti dari Tol Cisumdawu

Apa Singkatan Tol CISUMDAWU? Ini Dia Arti dari Tol Cisumdawu
(foto: Kementreian PUPR)
0 Komentar

sumdangekspres – Tol yang dikabarkan akan beroprasi penuh pada bukan Juli ini menjadi pusat perhatian bagi khalayak. Namun tahukah kamu apa singkatan tol Cisumdawu?

Tol cisumdawu ini merupakan daerah yang sebagian besar ada di wilayah Kabupaten Sumedangdan dilintasi oleh trase jalan.

Hak pengusahaan tol Cisumdawu ini dimiliki oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dengan kepemilikan WTR.

Baca Juga:Resep Sate Maranggi Marinasi Gula Asem Bikin Daging Empuk dan GurihResep Kikil Sapi Gula Asem dengan Rasa Manis-Asam yang Menggugah Selera

Sebelum mengetahui apa singkatan Tol Cisumdawu atau arti dari Cisumdawu, kata Tol juiga merupakan sebuah singkatan yaitu singkatan dari kata “Tax on Location”. Yang juga menjadi pengjelasan mengapa setiap melewati jalan tol menggunakan tarif.

Adapun jalan tol yaitu jalan umum yang merupakan bagiandari jaringan jalan dan memegang status sebagai jalan nasional yang penggunanya diwajibkan membayar tol.

Jalan tol ini menjadi proyek Jusuf Hamka yang merupakan salah satu pengusaha terkaya di Indonesia dalam bisnis pada bidang jalan tol, dan sering disebut dengan sebutan bos jalan tol.

Apa Singkatan Tol CISUMDAWU? Cisumdawu merupakan singkatan dari Cileunyi – Sumedang – Dawuan.

Kabar sebelumnya menyatakan dari halaman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 – Seksi 6 (Cimalaka – Dawuan) sepanjang 29,3 km akan segera rampung pada pertengahan Juni 2023, sehingga Jalan Tol Cisumdawu dapat beroperasi seluruhnya sepanjang 62 km.

Namun fakta menarik lainnya dari tol cisumdawu ini adalah sebelumnya terdengar kabar bahwa nama dari CISUMDAWU ini disusulkan diganti oleh Bupati Majalengkamenjadi tol Cisumjati.

Nama Cisumdawu diunjuk tak terlalu cocok dengan lintas yang dilaluinya. Cisumdawu yasng merupakan singkatan dari Cileunyi – Sumedang – Dawuan ternyata tidak melalui Dawuan.

Baca Juga:Agrowisata Perkebunan Salak Terdapat di Yogyakarta Bisa Dikunjungi Untuk Pecinta SalakBody Mirip Vario Motor Listrik Pacific Whizz Resmi Meluncur Menjadi Pesaing Terkuat Motor Listrik

Cisumdawu sendiri diambil  melihat jalan tol tersebut yang berada di tiga wilayah yaitu Bandung, Sumedang, dan Majalengka. Namun Cisumdawu ternyata hanya mewakili Cileunyi (Bandung) dan Sumedang.

Dawuan hanya menjadi rancangan untuk mewakili nama Majalengka yang tidak dilalui jalan tol tersebut. Dawuan yaitu nama kecamatan di Majalengka.

0 Komentar