Selain Twin Tunnel Tol Cisumdawu, Ini 5 Jalan Tol Unik di Indonesia, Ada Jalan Tol Untuk Motor, Kok Bisa?

Selain Twin Tunnel Tol Cisumdawu, Ini 5 Jalan Tol Unik di Indonesia, Ada Jalan Tol Untuk Motor, Kok Bisa?
5 Jalan Tol Unik di Indonesia, Ada Jalan Tol Untuk Motor (ist/asumsi.co)
0 Komentar

sumedangekspres – Selain Twin Tunnel Tol Cisumdawu, ini 5 jalan tol unik di Indonesia, ada jalan tol untuk motor, kok bisa?

Tol Cisumdawu yang ditargetkan akan beroperasi penuh bulan Juli ini memiliki beberapa keunikan di antaranya memiliki Twin Tunnel atau Terowongan Kembar dan juga pemandangan alam yang indah di sepanjang ruas jalan tol.

Tol pemilik Twin Tunnel di Indonesia memang hanya Jalan Tol Cisumdawu saja, namun tahukah kamu bahwa terdapat 4 jalan tol unik di Indonesia yang juga memiliki daya tariknya tersendiri.

Baca Juga:Keluar – Masuk Tol Cisumdawu Dimana Sih? Simak Rute Tol Terindah Penghubung Bandung dan Cirebon iniRidwan Kamil Pastikan Polemik Al Zaytun Diputuskan Minggu Depan: Akan Disampaikan Menko Polhukam

Berbeda dengan jalan tol lain yang ada di Indonesia, 5 jalan tol unik ini berhasil menarik perhatian karena keunikannya.

Keunikan dan keindahan memang bukanlah sebuah komponen wajib pada jalan tol, karena sejatinya jalan tol itu dibuat untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh seseorang yang sedang bepergian.

Namun akan sangat menjadi nilai lebih bukan jika selain mempertahankan fungsi utama jalan tol dan aspek keselamatan & keamanan, juga memperhatikan keindahan serta keunikannya.

Jalan tol adalah jalan mulus penghubung antar kota maupun provinsi. Akses jalan tol saat ini sudah banyak dibangun oleh pemerintah untuk melancarkan mobilitas barang.

Jika sebelumnya kita dibuat terpukau dengan kehadiran Twin Tunnel di jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi, Sumedang, Dawuan), kali ini akan kita bahas jalan tol unik lainnya yang memiliki daya tarik serta keindahannya tersendiri.

1. Jalan Tol Atas Laut Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara yang memiliki total panjang 12,7 km, merupakan jalan tol atas laut yang pertama di Indonesia dengan menyuguhkan pemandangan indah.

Jalan tol ini bahkan menjadi salah satu jalan tol atas air terpanjang di dunia dan menjadi satu-satunya di Indonesia yang memiliki jalur khusus untuk speeda motor.

2. Terowongan Gajah Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Baca Juga:Adha Festival Kembali Digelar Masjid Salman ITBHari ke-2 POPDA XIII Jawa Barat 2023, Kabupaten Garut Raih 1 Perak dan 5 Perunggu

Jalan tol Pekanbaru-Dumai dibangun underpass untuk binatang seperti gajah Sumatera agar dapat berlalu lalang.

0 Komentar