Pertumbuhan Ekonomi Jabar Tertinggi di Pulau Jawa, Dampak Baik Tol Cisumdawu

Pertumbuhan Ekonomi Jabar Tertinggi di Pulau Jawa, Dampak Baik Tol Cisumdawu
Pertumbuhan Ekonomi Jabar Tertinggi di Pulau Jawa, Dampak Baik Tol Cisumdawu (ist)
0 Komentar

sumedangekspres – Pertumbuhan Ekonomi Jabar (Jawa Barat) tertinggi di Pulau Jawa, dampak baik Tol Cisumdawu.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Jabar, dengan perkiraan setidaknya mencapai 6 persen pada tahun 2023.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan, “Pembangunan Tol Cisumdawu saat ini hampir selesai 100 persen dan diharapkan dapat beroperasi pada bulan Juli 2023.” Demikian pernyataan Gubernur Ridwan Kamil yang dikutip oleh Antara, kemarin di Bandung.

Baca Juga:Menajemen Keuangan Pemdaprov Jabar Jadi Percontohan NasionalPENURUNAN STUNTING, 1,5 Juta Kader PKK Jalankan Strategi Konvergensi

Pertumbuhan ekonomi Jawa Barat pada kuartal IV-2022 dibandingkan dengan kuartal IV-2021 mencapai 4,61 persen (Y-on-Y).

Sektor jasa perusahaan menjadi sektor dengan pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 13,52 persen.

Selama tahun 2022, ekonomi Jawa Barat tumbuh sebesar 5,45 persen, mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2021 yang mencapai pertumbuhan sebesar 3,74 persen.

Gubernur Ridwan Kamil menyatakan bahwa pemerintah memiliki komitmen untuk memeratakan pembangunan melalui peningkatan konektivitas antarwilayah, salah satunya dengan membangun jalan tol.

Dengan adanya jalan tol, distribusi logistik antar daerah dapat dilakukan dengan lebih cepat dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Ridwan Kamil berharap, “Semoga semua Proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Barat berjalan lancar. Setiap kemajuan yang diraih oleh Jabar akan berkontribusi pada kemajuan Indonesia secara keseluruhan.”

Ia menyatakan bahwa Jawa Barat mendapatkan banyak manfaat dari kehadiran proyek strategis nasional (PSN).

Baca Juga:Ketahui Ini Sebelum Membeli, Perbandingan Spesifikasi Xiaomi 12 dan Samsung A54Dibanderol 35 Jutaan, Apakah Spesifikasi Motor Listrik Segway eScooter E200P ini Sepadan Dengan Harganya?

Dengan adanya proyek strategis nasional, ekonomi regional dapat ditingkatkan seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur menambahkan, “Jabar merupakan salah satu provinsi yang paling banyak mendapatkan manfaat dari PSN. Mulai dari pengoperasian kereta cepat pada bulan Agustus, peresmian Tol Cisumdawu, hingga berjalannya Bandara Kertajati.”

Selain itu, proyek strategis nasional lainnya di Jawa Barat, seperti Tahap Satu Pelabuhan Patimban, sembilan ruas jalan tol, dan tujuh bendungan, semuanya bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

0 Komentar