4 Fakta Menarik Tol Cisumdawu yang Baru Saja Diresmikan Kemarin Setelah 12 Tahun Pembangunan

4 Fakta Menarik Tol Cisumdawu yang Baru Saja Diresmikan Kemarin Setelah 12 Tahun Pembangunan
4 Fakta Menarik Tol Cisumdawu (ist/bpjt.pu.go.id)
0 Komentar

sumedangekspres – 4 Fakta Menarik Tol Cisumdawu yang Baru Saja Diresmikan Kemarin Setelah 12 Tahun Pembangunan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi meresmikan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada hari Selasa, 11 Juli 2023.

Upacara peresmian dilakukan di Cisumdawu Twin Tunnel, Sumedang, Jawa Barat.

Fakta Menarik Tol Cisumdawu

1. Alasan Tol Cisumdawu Baru Diresmikan Setelah Pembangunan 12 Tahun

Jokowi mengungkapkan bahwa pembangunan Tol Cisumdawu seharusnya selesai bersamaan dengan penyelesaian Bandara Kertajati.

Namun, proyek pembangunan jalan tol ini menghadapi banyak kendala.

Baca Juga:Tol Cisumdawu Diresmikan, Pemdaprov Jabar Tuntaskan Tugas Berat Ridwan Kamil: Pembebasan Lahan Makan Waktu Panjang dan Berliku3 Minggu Tol Cisumdawu Gratis Usai Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Tarif Setelah Uji Coba

“Ini Cisumdawu setelah selesai 61 kilometer, ini akan lebih memudahkan nanti operasional Bandara Kertajati. Karena memang dulu rencana awalnya memang bandara selesai, airport selesai, Cisumdawu selesai,” ujar Jokowi saat meresmikan jalan tol Cisumdawu.

Jokowi menjelaskan bahwa salah satu kendala utama dalam pembangunan jalan tol ini adalah pembebasan lahan yang memerlukan penyelesaian.

2. Tol Cisumdawu Gratis Selama 2-3 Minggu ke Depan

Tarif tol Cisumdawu direncanakan akan digratiskan selama 2-3 minggu pertama setelah beroperasi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menyebut bahwa hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh aspek jalan tol diperiksa dengan baik.

Tarif tol Cisumdawu ditetapkan sebesar Rp 1.275 per kilometer. Basuki menyatakan bahwa tarif tersebut tergolong murah karena konstruksi jalan tol ini didukung oleh dana pemerintah sekitar 50%.

3. Waktu Tempuh Cileunyi-Cipali Hanya 40 Menit

Tol Cisumdawu dengan panjang 62 kilometer telah terhubung dengan Tol Cipali-Palimanan dan Bandara Kertajati, Majalengka.

Basuki menyebut bahwa perjalanan dari gerbang tol Cileunyi ke Cipali hanya memakan waktu sekitar 40 menit.

4. Bandara Kertajati Akan Beroperasi Full Oktober

Baca Juga:3 Jenis Mobil Listrik Tesla Telah Hadir Di Indonesia, Simak Spesifikasi Dan Harga Jualnya!5 Rekomendasi City Car Paling Murah, Harga Mulai 60 Jutaan

Dengan selesainya jalan tol Cisumdawu, Bandara Internasional Kertajati diharapkan dapat beroperasi penuh pada Oktober 2023.

Saat ini, bandara tersebut telah melayani keberangkatan jamaah haji dari Provinsi Jawa Barat. Jokowi melihat Bandara Kertajati sebagai bandara masa depan Indonesia.

0 Komentar