Rencana Peresmian di GT Ujungjaya, Mengapa Jadi di Cisumdawu Twin Tunnel? Apa Karena Mitos Atau Ada Hal Lain?

cisumdawu twin tunnel
cisumdawu twin tunnel(gogglemaps/arie ae)
0 Komentar

sumedangekspres– Cisumdawu Twin Tunnel, pada hari selasa 11 Juli 2023 tol Cisumdawu resmi dibuka dari gerbang tol Cileunyi sampai gerbang tol Ujungjaya, peresmian yang semula akan diadakan di Ujungjaya malah berpindah tempat ke Twin Tunnel. Apa ada alasan lain selain karena mitos yang beredar di daerah sekitar?

Sebelumnya dikabarkan Jokowi akan meresmikan Jalan Tol Cisumdawu dari Pintu Tol Ujungjaya (Kabupaten Sumedang), setelah sebelumnya berkunjung ke Bandara Kertajati.

Namun hanya dalam beberapa jam sebelum peresmian, ternyata lokasi peresmian dipindah.

Baca Juga:Spesifikasi iPhone 11 Warna Putih BerkilauIngin Download Notifikasi Wa iPhone 11 Yang Terkenal? Ternyata Mudah dan Bisa Langsung di Praktekan

Hingga saat ini , tidak ada alasan pasti kenapa lokasi peresmian dipindahkan. Walupun beberapa rumor sempat berkembang, terkait dengan klenik/mitos.

Namun, dalam sambutannya, Jokowi menyebut hal yang sangat beda antara Tol Cisumdawu dengan Tol lainnya di Indonesia, adalah adanyan terowongan kembar atau Twin Tunnel.

Rupanya itulah yang ingin dijual Presiden kepada pengguna Tol, yang membedakan Tol Cisumdawu dengan Tol lain di Indonesia.

Jokowi menyebut bahwa Tol Cisumdawu dibangun sejak tahun 2011. Problem terbesar adalah pembebasan lahan.

Jalan ini menghubungkan Kota Bandung dan Majalengka melalui Sumedang, dari Tol Cipularang ke Tol Cipali.

Jalan Tol ini sepanjang 61,6 KM menghabiskan hingga Rp 18,3 Triliun. Dengan dana Pemerintah 9 Triliun sisanya dari Swasta.

Menurut Jokowi, Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu ini adalah akses menuju airport Kertajati, yang rencananya mulai bulan Oktober 2023 akan mulai beroperasi secara penuh.

Airport Kertajati akan menjadi airport masa depan bangsa Indonesia.

Baca Juga:Mau Menghabisan Liburan Bareng Ayang Setelah Exit Tol Sumedang? Inilah Best View Menakjubkan Bendungan JatigedeMau Makan Sama Ayang di Rumah Makan Saung Teko Sumedang? Inilah Review Tempat Makan Favorit Setelah Exit Tol Cisumdawu

“Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim pada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan Jalan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat,” kata Jokowi.

Hadir dalam peresmian ini, Para Menteri Kabinet Indonesia maju, Gubernur Jawa Barat, Bupati Sumedang dan juga Bos Jalan Tol Cisumdawu yang juga Direktur Utama PT CKJT, Yusuf Hamka.

Itulah Cisumdawu Twin Tunnel. Apapun alasan pindah mengenai peresmian tol Cisumdawu, yang paling penting Tol Cisumdawu sudah bisa beroprasi dengan baik.

0 Komentar