Sebelum Masuk Tol Mending Cari Cemilan Dulu Untuk Menemani Perjalanan! Inilah Cemilan Terdekat Tol Cisumdawu

Cemilan terdekat tol Cisumdawu
Cemilan terdekat tol Cisumdawu (lazada.com)
0 Komentar

3. Salak Bongkok

Siapa sangka ternyata kota Sumedang yang kaya akan wisata alam ini juga memiliki varian jenis salak yang memiliki cita rasa yang menggoda. Namanya adalah salak bongkok Sumedang. Yang mana rasa buah ini dominan manis dan asam, serta memberikan sensasi menyegarkan saat dilahap.

Dilihat dari segi ukurannya, salak bongkok juga memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang jenis salak pada umumnya. Sedangkan untuk aromanya, dari jarak dekat Anda sudah bisa mencium wangi aroma salak yang harum. Hal ini disebabkan karena petani menggunakan air Sumedang asli saat melakukan proses panen.

Untuk bisa mendapatkan buah berkulit coklat ini, Anda bisa menemuinya di pinggiran jalan kota. Jika ingin langsung melihat pohon salak, Anda bisa datang ke daerah Bongkok yang ada di Sumedang. Karena di tempat itulah salak ini banyak dihasilkan oleh para penduduk yang bermukim di sekitarnya.

4. Opak Ketan

Baca Juga:TERNYATA MUDAH BANGET! Berikut Cara Merekam Layar di iPhone 11Ternyata Inilah Perbedaan Signifikan iPhone 11 Pro dan iPhone 12 Pro!

Masih dari Sumedang, di tempat ini Anda bisa menjajal gurihnya opak ketan yang juga tidak kalah terkenal di kalangan para wisatawan. Adapun jenis opak ketan Sumedang yang paling banyak diburu oleh masyarakat lokal hingga wisatawan, yakni opak Conggeang dan juga opak Cimanggung.

Opak Conggeang sendiri, memiliki keunggulan yang mana bahan dasar pembuatannya terbuat dari sari kelapa yang khas dicampur dengan beras ketan pilihan. Setelah melalui proses pembuatan yang sempurna, jadilah cita rasa khas opak Conggeang yang tidak mudah terlupakan saat sudah disantap.

Selanjutnya ada pula opak Cimanggung yang rasa sedapnya tidak jauh berbeda dengan opak Conggeang. Hanya saja, opak ini dulu disebut sebut sebagai makanan favorit dari raja dan bangsawan yang bermukim di wilayah kerajaan Sumedang Larang. Untuk Anda penggemar opak, mencicipi semua jenis opak ketan dari Sumedang ini tentu bisa Anda rasakan.

5. Oncom Sumedang

Sejatinya, makanan ini sudah bisa ditemukan di berbagai daerah lainnya, namun sayangnya belum ada yang bisa menandingi kenikmatan dari oncom Sumedang. Dari segi bahan pembuatannya, oncom Sumedang sedikit berbeda dengan varian cemilan oncom pada umumnya.

0 Komentar