Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon jadi Megah, Anggarannya Rp 45,8 Miliar!

Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon jadi Megah, Anggarannya Rp 45,8 Miliar!
Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon jadi Megah, Anggarannya Rp 45,8 Miliar!(istimewa jabarprov)
0 Komentar

sumedangekspres – jadi Megah, Anggarannya Rp 45,8 Miliar, keberadaan Terminal Ciledug di Kabupaten Cirebon yang baru saja di resmikan oleh Gubenur Jawa Barat Ridwan kamil mendapat apresiasi dari Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady.

Menurut Daddy terminal Ciledug merupakan terminal tipe B yang kewenagannya ada di provinsi Jawa Barat. Sejak adanya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 132 Tahun 2015 keberadaan tempat perpidahan orang itu, terbagi menjadi tiga.

‘’Terminal tipe A yang kewenangan ada di pusat, tiep B di provinsi dan tipe c di kabupaten/kota,’’ ujar Daddy ketika dihubungi, Kamis (20/7).

Baca Juga:Gubernur Ridwan Kamil Resmikan Klinik Khusus Lansia Inggit GarnasihGubernur Ridwan Kamil Resmikan Terminal Tipe B Ciledug di Kabupaten Cirebon Terminal desain modern dan multifungsi

Keberadaan terminal Ciledug merupakan tipe B yang melayani angkutan antar-kota dalam provinsi (AKDP) serta angkutan kota dan angkutan perdesaan. Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini mengelola 14 terminal tipe B. Dari jumlah itu yang baru dilakukan revitalisasi hanya di Ciledug yang berada di Kabupaten Cirebon.

Keberadaan Terminal Ciledug telah selesai direnovasi dengan menelan anggaran bersumber dari APBD sebesar Rp 45,8 miliar.

‘’Seluruh kawasa dibangun di atas lahan seluar 7.924 meter persegi,’’ ujarnya.

Daddy menyebutkan, selain dilengkapi fasilitas kedatangan dan keberangkatan, fasilitas lainnya terbilang sangat kumplit. Bangunannya tergolong mewah. Bahkan Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutnya seperti bangunan Mall. Tempat ini sangat jauh dari kesan kumuh dan bau. Untuk itu Daddy meminta masyarakat setempat harus turut menjaga kebersihan.

Daddy menuturkan, ada tiga unsur terkait keberadaan terminal, yakni penumpang, pemerintah, dan operator angkutan umum. Penumpang jelas merupakan mereka yang memanfaatkan fungsi. Tempat ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh warga Kecamatan Ciledug. Warga kecamatan lain di wilayah Cirebon Timur pun akan dapat memanfaatkan yang letaknya tidak jauh dari gerbang tol Ciledug arah Jawa Tengah tersebut.

‘’Warga Kecamatan Pabedilan, Kecamatan Babakan, Kecamatan Losari pun bisa bepergian melalui Terminal Ciledug,’’ ujarnya.

0 Komentar