Puncak Musim Kemarau, Masuki Wilayah Bandung

Puncak Musim Kemarau, Masuki Wilayah Bandung
Puncak Musim Kemarau, Masuki Wilayah Bandung (istimewa : jabarprov)
0 Komentar

sumedangekspres – Puncak Musim Kemarau, meski sudah memasuki musim kemarau, ternyata suhu udara Kota Bandung justru sedang dingin-dinginnya. Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) Kota Bandung mencatat, dalam 5 hari terakhir (14-18 Juli 2023) suhu minimum Bandung menyentuh 17 derajat celsius, di bawah nilai suhu minimum normal.

Kepala BMKG Kota Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, dinginnya suhu udara di Kota Bandung belakangan ini merupakan fenomena alamiah yang umum terjadi ketika masa puncak kemarau pada Juli-Agustus.

“Pada tanggal 14-18 Juli, BMKG mencatat suhu Kota Bandung sempat mengalami kenaikan dari 19 derajat ke 20 derajat celsius. Namun pada tanggal 18 Juli memang terjadi penurunan suhu ke 17 derajat celsius,” jelas Teguh, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga:Bikin Nasi Goreng Yang Enak Buat Bekal Ayang Kerja, Ini Resep Nasi Goreng TerenakResep Nasi Goreng Ala Chinese Food, Dijamin Hao de

Menurut Teguh, berdasarkan data  terlihat suhu udara minimum mengalami perubahan signifikan pada Selasa, 18 Juli 2023 yakni mencapai 17 derajat celsius. Padahal nilai suhu minimum normal pada bulan Juli adalah 18,2 derajat Celsius, dan pada Agustus nilainya 17,5 derajat Celsius.

“Suhu dingin ekstrem memang cenderung berpeluang terjadi saat musim kemarau, terutama di malam hari,” kata Teguh.

“Saat musim kemarau, pada siang hari, terik sinar matahari maksimal karena tidak ada tutupan awan. Akibatnya permukaan bumi menerima radiasi yang maksimal,” imbuhnya.

Sedangkan di malam hari, bumi akan melepaskan energi karena tidak ada awan. Maka dari itu, di malam hari hingga dini hari, radiasi yang disimpan di permukaan bumi akan secara maksimal dilepaskan.

“Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan permukaan bumi mendingin dengan cepat karena kehilangan energi secara maksimal. Dampaknya adalah suhu minimum atau udara dingin yang ekstrem di malam hingga dini hari,” ungkap Teguh.

Teguh memaparkan, penyebab tambahan mengapa suhu udara menjadi dingin pada puncak musim kemarau adalah karena adanya musim dingin di wilayah Australia.

Terdapat pola tekanan udara yang relatif tinggi di Australia menyebabkan pergerakan masa udara dingin menuju Indonesia atau lebih dikenal dengan Angin Monsun Australia.

0 Komentar