Eksplorasi Fauna dan Flora, Hutan Manglid, Sumedang

Eksplorasi Fauna dan Flora, Hutan Manglid, Sumedang
0 Komentar

sumedangekspres – Fauna dan flora di Hutan Manglid Sumedang, Banyak orang tidak tahu bahwa ada cagar alam di Kabupaten Sumedang. Tepatnya di kawasan Gunung Jagat, Dusun Cibareubeu, Desa Sukamanah, Jatinunggal.

Menurut definisi, cagar alam adalah cagar alam dengan keunikan ekosistem yang mencakup tumbuhan dan satwa yang layak dilindungi dan perkembangannya terjadi secara alami.

Luas Cagar Alam Gunung Jagat cukup luas. Luasnya kurang lebih 126,60 hektar. Dan secara administratif terbagi

Baca Juga:Menikmati Sensasi Panjat Tebing di SumedangDisini Tempat Ganti LCD iPhone 11, Dijamin Terpercaya!

menjadi dua wilayah administrasi yaitu desa Sukamanah di bagian selatan dan bagian utara termasuk wilayah desa Cisampih di kecamatan Jatigede. Tempat itu berjarak sekitar lima kilometer dari Wado.

Kawasan Gunung Jagat diresmikan sebagai cagar alam dengan Surat Keputusan Menteri Pertanian no.132/Kpts/Um/12/1954 tanggal 6 Desember 1954.

Di kawasan ini terdapat tumbuhan dan satwa yang unik, terdapat ekosistem yang harus dilindungi dan perkembangannya alami.

Gunung Jagat memiliki kondisi alam yang masih alami dan belum pernah diganggu oleh manusia. Penghuni kawasan Gunung Jagat terbagi menjadi dua jenis, yaitu flora (tumbuhan) dan fauna (hewan).

Secara topografi, permukaan tanah Cagar Alam Gunung Jagat bervariasi dari berbukit sedang hingga bergunung pada ketinggian 454-454 mdpl. 742 meter di atas permukaan laut.

Terdapat tiga rangkaian pegunungan di kawasan ini, yaitu Gunung Jagat di sebelah barat, Gunung Paseur di tengah, dan Gunung Kencana di sebelah timur.

Flora

Umumnya terdapat vegetasi hutan hujan tropis di Cagar Alam Gunung Jagat. Spesies tanaman di daerah ini dibagi menjadi dua kelompok:
1. Jenis pohon seperti Mahal (Artocarpus elastica), Kiara (Ficus septica), Manglid (Magnolia blumei), Burahol (Stelochocarpus burahol), Bungur (Langerstromia indica), Kesambi (Schleichera oleosa), Mindi (Melia azedarach).

Baca Juga:iPhone 11 Max Menghadirkan Kemewahan dan Performa OptimalBagi Kamu Yang Pemula, Ini Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone 11

2. Kelompok semak Harendong (Melastoma malabathricum) dan lainnya. Jenis liana dan epifit adalah:
Lebah (Loqodium clociatum), Owar (Flagellaria indica), Areuy Gember (Vibraurea chololeuca), Anggrek Merpati (Phalaenopsis amabilis), Kadaka (Drynaria sp), Ketongkeng (Telosna cordata) dan lain-lain.
margasatwa

0 Komentar