Asiknya Naik Kuda Renggong Asal Sumedang Dan Sejarahnya

Asiknya Naik Kuda Renggong Asal Sumedang Dan Sejarahnya
Asiknya Naik Kuda Renggong Asal Sumedang Dan Sejarahnya(toteczious.deviantart.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Kuda Renggong Asal Sumedang, Sumedang merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang dikenal sebagai Puseur budaya sunda yang artinya Sumedang merupakan pusat kebudayaan Sunda.

Sumedang kaya akan kesenian, masyarakatnya menghormati dan membudayakan kesenian yang sudah ada seperti kesenian kuda renggong.Dalam bahasa Sunda.

Kata renggong merupakan metatesis dari ronggeng, yaitu kamonesan (keahlian dalam bahasa Sunda), cara menggiring kuda yang mematikan.

Baca Juga:Ternyata Memiliki Warna Rambut Merah Bikin Kulit Jadi Terlihat Lebih Cerah, Inilah Ide Cat Rambut Merah Yang SimpleAsh Blonde, Ide Warna Rambut Pirang Yang Gak Norak Dan Gak Bikin Kelihatan Tua

Namun dibalik kata tersebut terdapat kuda renggong yaitu “kudu daek rereyongan dina gotong royong”, yang artinya kuda renggong ini selain kuda yang bisa menari dapat diartikan bahwa masyarakat kita harus bekerja keras bersama-sama untuk mencapai tujuan.

Kuda Renggong merupakan kesenian asal Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang yang unik dan menarik, menggambarkan seekor kuda yang mampu menari dan melakukan atraksi silat.

Seiring berjalannya waktu, seni kuda renggong kini telah menyebar ke banyak kecamatan di Sumedang, bahkan hingga ke luar wilayah Sumedang.

Kuda rengong adalah kesenian rakyat yang bersifat hellaran atau arak arakan, kesenian ini dilakukan melalui desa atau jalan utama saat seseorang berjalan di atasnya. Jika laki-laki, berdandan seperti pangeran dengan bando.

ketika wanita berpakaian seperti putri. Juga, kuda itu memakai pakaian seperti wayang agar terlihat spektakuler.Kuda Renggong memiliki makna dalam setiap gerakannya.

Kesenian ini menawarkan nilai informatif tentang nilai-nilai budaya khas Jawa Barat. Nilai dari informasi yang diberikan adalah bahwa kuda Renggong menunjukkan kekayaan negara dalam nilai sejarah seni dan budayanya.

Kuda yang menjadi kuda renggong membutuhkan perawatan yang tepat. Perawatannya juga tidak main-main. Merawat kuda renggong meliputi menjaga kandangnya, menjaga daya tahan tubuhnya melalui pemberian vitamin, dan menjaga kondisi fisiknya.

0 Komentar