Bingung Muncak ke Mana? Ini 5 Gunung Terfavorit di Jawa Barat, Jangan Pergi Sendiri Kalo Mau ke Sini!

Bingung Muncak ke Mana? Ini 5 Gunung Terfavorit di Jawa Barat, Jangan Pergi Sendiri Kalo Mau ke Sini!
5 Gunung Terfavorit di Jawa Barat (ist/Pras131)
0 Komentar

sumedangekspres – Bingung mau muncak ke mana? Ini 5 Gunung terfavorit di Jawa Barat, jangan pergi sendiri kalo mau ke sini!

Mendaki gunung merupakan kegiatan alami yang menyatu dengan alam.

Banyak alasan mengapa orang menjadi ketagihan untuk mendaki gunung, mulai dari wisata alam, menghabiskan waktu di alam, berolahraga, mendekatkan diri dengan Tuhan, bahkan mengambil pelajaran kehidupan melalui perjalanan yang penuh lika-liku.

Berikut adalah beberapa rekomendasi gunung di Jawa Barat yang dapat dijadikan tempat untuk mendaki gunung:

1. Gunung Salak

Baca Juga:Berkunjung ke Sumedang Tidak Lengkap Rasanya Jika Tidak Mencoba Makanan KhasnyaWisata Arum Jeram Dengan Pemandangan Alam yang Indah di Daerah Sumedang

Gunung Salak terletak di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan ketinggian sekitar 2211 mdpl dan memiliki jalur pendakian yang terhitung mudah.

Beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih adalah melalui Curugnangka di sisi utara gunung menuju Puncak Salak II, atau dari arah timur, yakni Cimelati, dekat Cicurug, Sukabumi menuju Puncak Salak I.

2. Gunung Cikuray

Gunung Cikuray memiliki ketinggian sekitar 2.821 mdpl dan terkenal dengan panorama lautan awan yang memukau.

Terdapat enam jalur pendakian yang umum dilalui oleh para pendaki, di antaranya adalah Jalur Pemancar yang paling populer dengan titik awal pendakian dari Stasiun Pemancar Televisi Garut, Summit Track melalui Kiara Janggot, dan Jalur Pamalayan yang lebih singkat.

3. Gunung Burangrang

Gunung Burangrang memiliki ketinggian 2.064 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan cocok untuk latihan pendaki pemula.

Terletak di daerah Cisarua, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, berbatasan dengan kabupaten Purwakarta dan Subang.

Waktu tempuh perjalanan menuju puncak hanya sekitar 3 jam berjalan kaki melalui jalur setapak.

4. Gunung Putri

Baca Juga:Mengenal Sejarah Kesenian Kuda Renggong Asal Kota Sumedang7 Tips Diet Sehat: Tubuh Tetap Bugar Dan Anti Lemas!

Gunung Putri terletak di kabupaten Bandung Barat dengan ketinggian sekitar 1.580 mdpl.

Terdapat dua jalur pendakian menuju puncak, salah satunya melalui Pasar Lembang menuju Tangkuban Perahu dan melewati Masjid Agung Lembang, diikuti dengan mengikuti jalur setapak selama 15 – 20 menit menuju gerbang kawasan Gunung Putri.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan memiliki ketinggian 2.665 mdpl dan sering dijadikan tujuan pendakian untuk pemula.

0 Komentar