Tokoh Adat dan Peran Kepala Desa Sumedang dalam Eksistensi Desa Supaya Lebih Maju di Era Modernisasi

Peran Kepala desa Sumedang
Peran Kepala desa Sumedang(goodnewsfromindonesia.id)
0 Komentar

sumedangekspres– Peran Kepala desa Sumedang, Desa Citengah Kecamatan Sumedang SelatanKabupaten Sumedang Jawa Barat, adalah salah satu wilayah terdekat dari perkotaan Kabupaten, dan memiliki wilayah perkebunan dan perbukitan, serta sungai yangmengalir di Desa ini memberikan potensi besar kepada pembangunan ekonomi masyarakatnya. Dari jumlah penduduk yang sebagian besar adalah petani dan buruhtani, untuk saat ini tentu saja sulit untuk meningkatkanjumlah pendapatan perkapita penduduknya, karenaproduksi padi dan hasil pertaniannya tidak signifikansebagai hasil yang mumpuni

Dengan segala bentuk cara dan strategi mayarakat Desa Citengah melalui pemerintahan Desa berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik secarasosial maupun ekonomi, ssalah satu upayanya aalahmenciptakan komunitas dan membangun masayarakat budaya guna meningkatkan kualitas hidup.

Disisi lain masyarakat berusaha membangun kembali kemampuan dan keterampilan mereka dibidang kerajinan dan kesenian. Masyarakat mengembangkan dan menciptakan kerajinan tangan baik bernialai budaya maupun dan bernialia ekonomis tepat guna sepertimembuat boboko, aseupan, ayakan, bilik meski awalnya untuk dipergunakan sendiri namun secara kontinuitas perkakas tersebut juga bisa diperjualbelikan dipasar tertentu.

Baca Juga:Pembangunan Waduk Jatigede Yang Memakan Waktu Lama, Inilah Potret Kehidupan Komunitas Nelayan SumedangAdanya Bank Sampah Sumedang, Ternyata Jadi Inisiatif DLHK dalam Pengelolaan sampah di Sumedang.

Beberapa potensi yang dikembangkan adalah destinasi wisata alam, terutama wisata alam air terjun dan wisata pendakian bukit dan gunung untuk menikmati panorama alam dari daerah tersebut. Sebenarnya sudah banyak investor yang ingin menginvestasikan dananya dibeberapa sektor pariwisata dan kerajinan tangan.

Namun demikian masyarakat Desa melalui tokoh adat setempat yaitu tokoh masyarakat yang mereka bangun sendiri melalui pemerintah Desa sebagai upaya mempertahankan eksistensi dan memberdayakan masyarakat setempat secara maksimal. Masyarakat melalui komunitas kesenian Songah yang berkembang disana berusaha mendidik karakter remaja dan anak anak untuk mendapatkan pendidikan karakter didalam wadah komunitas kesenian. Kemudian untuk masyarakat Desa secara umum tanpa memilih usia dan jenis kelamin berupaya melatih keterampilan mereka dalam membuat dan mengembangkan kerajinan keterampilan dan pembuatan buah tangan untuk para pengunjung destinasi wisata di Desa tersebut.

Itulah Peran Kepala desa Sumedang. Semoga bermanfaat!

0 Komentar