Adanya Bank Sampah Sumedang, Ternyata Jadi Inisiatif DLHK dalam Pengelolaan sampah di Sumedang.

Pengelolaan sampah di Sumedang
Pengelolaan sampah di Sumedang(instagram/dlhk.sumedangkab)
0 Komentar

sumedangekspres– Pengelolaan sampah di Sumedang, saat ini pemerintah sedang gencar untuk menangani mengenai sampah. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang untuk mendirikan Bank Sampah di tiap kecamatan mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak.

Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, mengungkapkan hal tersebut saat menjadi narasumber Pelatihan dan Pembinaan Kelembagaan Pengelolaan Sampah di Aula DLHK Kabupaten Sumedang

Kehadiran Bank Sampah ini diharapkan mampu menangani pengolahan sampah di tiap kecamatan menjadi lebih sehat, rapi, dan bersih

Baca Juga:TERBARU! Paket Wisata Bandung Pangandaran 3 Hari 2 MalamSaung Budaya Sumedang (Sabusu) Jadi Tempat Favorit Kegiatan Kesenian dan Seni Rupa Ruang Publik Sumedang.

Wabup Sumedang menjelaskan bahwa Bank Sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna, seperti kerajinan tangan atau pupuk, sehingga memiliki nilai ekonomis.

Oleh karena itu, ia meminta agar para kader Bank Sampah berperan aktif dalam mengajak warga untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di sekitar rumah masing-masing.

Para kader Bank Sampah ini juga dituntut untuk bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan pengolahan sampah kepada masyarakat yang membutuhkan

Lebih lanjut, Wabup menyatakan bahwa sampah telah menjadi perhatian bersama, di mana target pengelolaan dan penanganan sampah di Sumedang harus tercapai pada tahun 2025.

Wabup berharap bahwa kehadiran Bank Sampah di tiap kecamatan mampu menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah secara tepat.

Sementara itu, Kepala DLHK Kabupaten Sumedang, Yosep Suhayat, mengungkapkan bahwa sebanyak 26 unit Bank Sampah akan tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Sumedang.

Akan membentuk Bank Sampah unitnya dulu di tiap kecamatan. Selanjutnya, akan didirikan Bank Sampah Induk di Kabupaten Sumedang,” kata Yosep.Yosep juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan berusaha menentukan harga tukar sampah di Bank Sampah.

Baca Juga:Benarkah Bandara Husein Akan di Tutup Karena Beralih ke BIJB? Benarkah Perjalanan Jakarta-Bandung Akan Memakan Waktu dan Biaya yang Mahal Jika Itu Terjadi?Sumedang Creative Center Menjadi Tempat Kegiatan Seni dan Kreativitas Anak-Anak Sumedang, Inilah Potret Gedung yang Diresmikan Gubernur!

Dengan adanya rencana pendirian Bank Sampah di tiap kecamatan, diharapkan masyarakat Sumedang dapat lebih aktif dalam menjaga lingkungan sekitar dan mengubah sampah menjadi barang bernilai.

Itulah Pengelolaan sampah di Sumedang. Semoga bermanfaat!

0 Komentar