Ternyata Bukan Hanya Sunda, Ini 6 Suku yang Ada di Jawa Barat

Ternyata Bukan Hanya Sunda, Ini 6 Suku yang Ada di Jawa Barat
Ini 6 Suku yang Ada di Jawa Barat (ist/Pixabay/eko1810)
0 Komentar

sumedangekspres – Ternyata bukan hanya Sunda, ini 6 suku yang ada di Jawa Barat.

Dikenal sebagai pengetahuan umum bahwa mayoritas suku dan masyarakat adat di Jawa Barat adalah Sunda.

Meskipun begitu, tidak semua penduduk Jawa Barat adalah orang Sunda, karena ada banyak pendatang dan adanya pencampuran budaya melalui pernikahan.

Baca Juga:Mengenal Kerajaan Munggaran di Jawa Barat, Berdiri Sejak Akhir Abad ke 3Upacara Adat Ngalaksa: Adat Istiadat Sumedang Sebagai Wujud Rasa Syukur Atas Hasil Panen Yang Berlimpah

Berdasarkan buku “Mengenal Seni dan Budaya Indonesia” (2012) oleh R. Rizky dan T. Wibisono, sekitar 65 persen masyarakat di Jawa Barat adalah orang Sunda, sementara sisanya terdiri dari suku Cirebon, Betawi, Jawa, dan suku-suku lainnya.

Berikut adalah beberapa suku yang mendiami daerah di Jawa Barat:

1. Sunda

Sunda: Suku asli yang mendiami Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Suku Sunda dapat dibagi menjadi beberapa bagian dengan perbedaan, seperti dalam penggunaan bahasa.

Sunda Priangan digunakan di wilayah Bandung, Tasikmalaya, dan Garut, sementara Sunda Banten lebih umum di Banten, kecuali kawasan Serang Kota.

2. Cirebon

Cirebon: Berada di antara suku Sunda dan Jawa, daerah Cirebon merupakan salah satu jalur perdagangan utama di Jawa bagian barat, sehingga banyak pendatang, termasuk orang Jawa, yang bermukim di sana. Bahasa Cirebon berbeda dari bahasa Jawa dan Sunda.

3. Betawi

Betawi: Suku yang berasal dari kawasan ibu kota Jakarta dan banyak tinggal di perbatasan antara Jawa Barat dan Jakarta.

4. Baduy

Baduy: Meskipun secara administratif bukan di Jawa Barat, suku Baduy berada di perbatasan dengan Jawa Barat, tepatnya di Pegunungan Kendeng, Lebak, Provinsi Banten.

Mereka terbagi menjadi Baduy Dalam dan Baduy Luar dengan perbedaan dalam kehidupan tradisional dan penggunaan teknologi.

5. Jawa

Baca Juga:Sepak Terjang Gatot Mangkoepradja, Pahlawan Nasional Dari Sumedang3 Senjata Tradisional Bali, Salah Satunya Ada Keris Juga?

Jawa: Suku Jawa, salah satu suku terbesar di Indonesia, menyebar di berbagai daerah termasuk di Jawa Barat.

Masyarakat suku Jawa banyak ditemukan di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Barat.

6. Suku Lainnya

Suku Lainnya: Selain suku-suku di atas, ada juga suku-suku lain seperti Batak dan Minang yang tersebar di kota-kota besar seperti Bandung, Bogor, Bekasi, Depok, dan Cimahi.

0 Komentar