3 Senjata Tradisional Bali, Salah Satunya Ada Keris Juga?

3 Senjata Tradisional Bali, Salah Satunya Ada Keris Juga?
3 Senjata Tradisional Bali, Salah Satunya Ada Keris Juga?(Google)
0 Komentar

sumedangekspres – Senjata Tradisional Bali, Atau juga dikenal sebagai Pulau Dewata yang memiliki budaya yang sangat kental, baik dari segi identitas maupun nilai-nilai yang masih dijaga oleh penduduknya secara turun menurun. Membuktikan masih banyaknya kekayaan budaya Bali yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Salah satunya dengan adanya senjata tradisional khas Bali. Orang Bali percaya bahwa senjata tradisional digunakan untuk pertahanan diri. Terutama senjata pusaka yang dianggap mujur atau memiliki kesaktian. Jadi Inilah beberapa senjata tradisionalnya Bali:

1. Kandik Bali

Dalam bahasa Bali, kandik berarti kapak. Kandik berbentuk kapak besi bermata satu dengan gagang panjang, tebal dan kokoh. Dalam mitologi Bali, Kandik adalah lambang Ayudha Dewata atau senjata para dewa. Hal ini berasal dari agama Hindu yang masih dianut masyarakat Bali, salah satu dewa yang menggunakan Kandik ini adalah Ganesha yang dianggap sebagai dewa pengetahuan.

Baca Juga:Progres Kota Bandung Sehat Semakin Nyata, ODF Telah Mencapai 100 PersenJabatan Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum Berakhir 5 September 2023 DPRD Jabar Umumkan Pengusulan Pemberhentian

Ganesha juga dikenal sebagai Ekadanta yang artinya bertaring satu mengacu pada kepercayaan Hindu terkait dengan kandik. Kandik sebagai alat utama Bali didukung oleh bukti arkeologi berupa penemuan kapak batu dari masa Paleolitikum. Sedangkan kandik pusaka adalah kapak besi atau perunggu bergagang besi. Ujung kandik menyerupai paku, sedangkan paku lainnya diukir membentuk lingkaran, kandik juga memiliki warna emas mengkilat.

2. Keris Tayuhan 

Keris Bali disebut Tayuhan Keris. Secara umum, Keris Tayuhan menyerupai Keris Jawa baik bentuk maupun fungsinya. Keris Tayuhan dianggap berakar dari budaya kerajaan Majapahit dan membawa nilai-nilai sakral yang masih dipercaya hingga saat ini. Orang Bali menganggap Keris Tayuhan sebagai simbol dan identitas.

Hal ini terlihat pada perawatan keris yang sangat spesifik, karena secara fungsional Keris Tayuhan dianggap sebagai sarana perlindungan diri, terutama dalam situasi genting seperti perang. Di zaman modern saat ini pun, Keris Tayuhan masih menjadi pusaka keluarga. Namun dilengkapi dengan berbagai hiasan pada sarung di gagangnya.

3. Panambad 

Panambad merupakan senjata tradisional Bali yang memiliki berbagai keunggulan tergantung kebutuhan. Bentuknya sederhana, Panambad menyerupai pisau. Bedanya, panjang bilah pisau Panambad lebih panjang dari pisau modern konvensional.

0 Komentar