Inilah Inisiatif DLHK dalam Pengurangan Limbah Plastik Sumedang.

Pengurangan limbah plastik Sumedang.
Pengurangan limbah plastik Sumedang.(.koran-gala.id)
0 Komentar

sumedangekspres– Pengurangan limbah plastik Sumedang, ternyata Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Sumedang untuk mendirikan Bank Sampah di tiap kecamatan.

Kehadiran Bank Sampah diharapkan mampu menangani pengelolaan sampah di tiap kecamatan menjadi lebih sehat, rapi dan bersih. Karena itu, keberadaan bank sampah ini, harus bisa segera terwujud. Tidak hanya sebatas wacana

Apalagi menurutnya, melalui Bank Sampah itu, bisa mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna, seperti untuk kerajinan tangan atau pupuk sehingga memiliki nilai ekonomis.

Baca Juga:Gak Usah ke Luar Negeri, Mending ke Bandung Aja yang Dekat dan Tanpa Ribet! Inilah Rekomendasi Tempat wisata Instagramble BandungPotensi Wisata Yang Bikin Geleng-Geleng Kepala, Inilah Destinasi Wisata Air Terjun Sumedang

Oleh karena itu, para kader Bank Sampah yang sudah terbentuk, bisa berperan aktif mengajak warga untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di sekitar rumah masing-masing.

Untuk merealisasikan hal itu, kemarin Pemerintah Daerah melalui DLHK sudah melakukan Pelatihan dan Pembinaan Kelembagaan Pengelolaan Sampah.

Para kader Bank Sampah yang sudah terbentuk, dituntut untuk bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan pengolahan sampah kepada masyarakat yang membutuhkan. Sehingga dari yang tadinya sampah bisa jadi rupiah

Selama ini, sampah telah menjadi perhatian bersama, dimana target pengelolaan dan penanganan sampah di Sumedang sampai tahun 2025 harus tercapai. Hal itu tentunya harus menjadi perhatian bersama.

Oleh sebab itu, kata Erwan, kehadiran Bank Sampah di tiap kecamatan mampu menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah secara tepat.

Adanya Bank Sampah di tiap kecamatan menjadi gerakan pengelolaan lingkungan dan pengendalian perubahan iklim yang berbasis masyarakat.

Itulah informasi mengenai Pengurangan limbah plastik Sumedang. Semoga bermanfaat!

0 Komentar