Peringatan Hut Ke 78 Kemerdekaan RI 2023 Mengajak Semarkan Indonesia Maju Dengan Kebersamaan

Peringatan Hut Ke 78 Kemerdekaan RI 2023 Mengajak Semarkan Indonesia Maju Dengan Kebersamaan
Peringatan Hut Ke 78 Kemerdekaan RI 2023 Mengajak Semarkan Indonesia Maju Dengan Kebersamaan (pngtree)
0 Komentar

sumedangekspres Hut Ke 78, perayaan Hari Kebangsaan Republik Indonesia ke-78 Tahun 2023 kali ini mengangkat tema “Indonesia Terus Maju”. Tema ini mencerminkan semangat perjuangan dan pembangunan bangsa Indonesia, bergotong royong memanfaatkan dinamika tersebut untuk mencapai Indonesia maju.

Perayaan Bulan Kemerdekaan sudah berlangsung lama dan sudah menjadi tradisi di masyarakat, sehingga seru tidak hanya dengan menggelar upacara pada tanggal 17 Agustus tetapi juga diisi dengan lomba-lomba, pertunjukan musik yang seru, jenaka, syahdu. , serta acara syukuran untuk berdoa kepada Allah SWT, dan lain sebagainya.

Program Bulan Kemerdekaan 2023 di Istana akan diawali dengan Peringatan Kebangsaan dan Ibadah Doa pada 1 Agustus 2023 dan dilanjutkan dengan beberapa acara, seperti Upacara Pemberian Medali Kehormatan (14 April) Agustus).

Baca Juga:Isi teks Proklamasi Kemerdekaan IndonesiaUnduh Logo Hut RI Ke 78 Kemerdekaan 2023

Pengukuhan Paskibraka (15 Agustus); Pidato Presiden pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, serta Pidato Penyampaian RAPBN (16 Agustus); Upacara dan Istana Suci (17 Agustus pagi); dan Upacara Penghargaan dan Upacara Penurunan Bendera kedua (17 Agustus), didahului dengan Festival Pengibaran Bendera Pusaka dan pagelaran seni.

Hut Ke 78 setidaknya ada empat perbedaan dalam perayaan proklamasi yang terakhir. Deklarasi Momen dan Upacara Penurunan Bendera di Istana Kerajaan tahun 2023 akan berlangsung secara offline/fisik saat ini. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam Perayaan Hari Kebangsaan dapat mendaftar langsung di sistem/aplikasi Pandang.

Mengingat tingginya antusiasme masyarakat yang ingin menyaksikan kirab bendera maka untuk tahun ini, rute yang dilalui menjadi lebih jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Rute Kirab Bendera Pusaka yaitu dari cawan monas mengarah ke silang monas barat daya menuju patung kuda selanjutnya melewati sepanjang jalan Medan Merdeka Barat lalu ke Istana Merdeka.

Selain itu, di tahun ini terkait pertunjukkan Fly Pass Pesawat F16 akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini pertunjukkan akan dilakukan oleh gabungan 3 matra TNI (Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Angkatan Darat) dan Polri.

Faktor pembeda keempat adalah kerjasama antara Kementerian Negara dan Pemprov DKI Jakarta dalam menyiapkan tempat bagi yang berhalangan hadir di Istana berupa panggung hiburan di kawasan Monas dan videotron hingga hadiri Momen Deklarasi di beberapa titik strategis, seperti kawasan Monas dan Bundaran Hotel Indonesia.

0 Komentar