6 Negara Kemerdekaan Indonesia Secara De Jure

6 Negara Kemerdekaan Indonesia Secara De Jure
6 Negara Kemerdekaan Indonesia Secara De Jure (Gramedia)
0 Komentar

sumedangekspres – Negara Kemerdekaan Indonesia, dia tidak menyadari bahwa kita telah memasuki bulan Agustus, bulan yang spesial bagi orang Indonesia. Bulan ini, 78 tahun lalu, Indonesia resmi mendeklarasikan kemerdekaannya.

Namun tahukah Anda, saat mendeklarasikan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, 10 negara pertama mengakui kedaulatan kemerdekaan Indonesia.

Ya, selain memproklamasikan kemerdekaan, negara lain juga perlu mengakui kedaulatan Indonesia merdeka untuk mendirikan negara. Ini disebut elemen deklaratif.

Baca Juga:Main Paintball Yu di Kampung Karuhun Sumedang: Lebih dari Sekadar Wisata! Tiketnya Harganya SeginiKampung Karuhun Sumedang: Lebih dari Sekadar Destinasi Wisata

Melalui bantuan 10 negara tersebut, unsur deklarasi berdirinya negara Indonesia dapat terwujud.

Meski belum pernah ada konfirmasi pasti atas perintah tersebut, berikut 10 besar negara yang disebut-sebut telah mengakui kemerdekaan Indonesia :

1. Mesir

meski tidak diakui pada tahun pertama kemerdekaannya, Mesir resmi menjadi negara pertama yang mengakui kedaulatan de facto Indonesia pada 22 Maret 1946 (22 Maret 1947 de jure).

Sejarah ini pula yang menjadi alasan mengapa hubungan diplomatik Indonesia dan Mesir terus terjalin erat hingga saat ini.

2. India

Setelah Mesir, India melalui Perdana Menteri Jawaharlal Nehru secara resmi mengakui india sebagai sebuah negara pada tanggal 2 September 1946.

3. Suriah

Tahun berikutnya, tepatnya 2 Juli 1947, Suriah menjadi negara ketiga yang mengakui kedaulatan Indonesia.

Suriah juga turut membantu menangkal isu agresi militer Belanda di Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 1947.

4. Vatikan

Baca Juga:Kehangatan Tersembunyi Pariwisata Air Panas Cileungsing di SumedangNge-Capture Layar dengan Gaya: Screenshot di Laptop & HP Makin Kece

Walaupun Belanda masih berusaha merebut kembali Indonesia pada tahun 1947 melalui invasi militer, Vatikan menjadi negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia pada 6 Juli.

Pengakuan ini diapresiasi ditandai dengan penempatan Misi Apostolik atau Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta .

5. Irak

Tidak lama setelah Vatikan, Irak pun mengakui kemerdekaan Indonesia pada 16 Juli 1947.

Kedua negara Irak menjalin hubungan kerjasama sejak tahun 1950 hingga sekarang. Abadi!

6. Lebanon

Pada 29 Juli 1947, Lebanon menjadi negara Timur Tengah bersama Mesir dan Irak yang juga mengakui kedaulatan Indonesia.

0 Komentar