Akhirnya Kemerdekaan Indonesia Diakui Belanda Pada Tanggal 17 Agustus 1945!

Akhirnya Kemerdekaan Indonesia Diakui Belanda Pada Tanggal 17 Agustus 1945!
Akhirnya Kemerdekaan Indonesia Diakui Belanda Pada Tanggal 17 Agustus 1945! (istimewa : jabarprov)
0 Komentar

sumedangekspres – Akhirnya Kemerdekaan Indonesia,  Sebelum pengakuan tersebut, Belanda menganggap kemerdekaan Indonesia baru terjadi pada tanggal 27 Desember 1949 ketika Belanda akhirnya melepaskan kedaulatan Indonesia setelah mengalami masa kekerasan yang memakan banyak korban pasca deklarasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945.

Dengan secara politik mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, otomatis yang mereka lakukan antara tahun 1945-1949 adalah agresi militer, upaya untuk merongrong kedaulatan Indonesia sebagai negara merdeka.

Ia merujuk pada masa ketika Indonesia masih berkonflik dengan Belanda yang berusaha merebut Indonesia yang telah mendeklarasikan kemerdekaannya.

Baca Juga:4 Wanita Belanda Membela dan Mendukung Kemerdekaan Indonesia Yang Disambut Oleh Soekarno!Intergasi Sosial Dapat Terwujud Dengan adanya?

Indonesia telah merdeka secara hukum sejak 17 Agustus 1945. Namun kemerdekaan ini belum mendapat pengakuan kedaulatan Belanda secara penuh dan tanpa syarat.

Awalnya, Belanda tidak mengakui kemerdekaan Indonesia yang sebenarnya hingga Desember 1949 setelah diadakannya Meja Bundar sebagai Republik Indonesia Bersatu.

Namun kemerdekaan yang diakui Belanda juga dianggap sebagai hasil menyerahkan kemerdekaan Belanda, bukan hasil perjuangan rakyat Indonesia.

Setelah 78 tahun, Indonesia akhirnya mendapat pengakuan independen dari Belanda. Hal itu disampaikan kepada parlemen oleh Mark Rutte selaku Perdana Menteri (PM) Belanda.

Dalam diskusi parlemen tentang studi dekolonisasi 1945-1950, Mark Rutte menerima pertanyaan dari pihak GroenLinks tentang pengakuan kedaulatan atas Indonesia.

Dengan tegas, Rutte pun menjawab bahwa Indonesia merdeka pada tanggal dideklarasikan, bukan pada hasil Round Table.

“Belanda mengakui sepenuhnya dan tanpa syarat bahwa Indonesia mencapai kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945,” kata Mark Rutte.

Baca Juga:Peringatan Hut Ke 78 Kemerdekaan RI 2023 Mengajak Semarkan Indonesia Maju Dengan KebersamaanIsi teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam waktu dekat, Bapak Rutte akan berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas lebih lanjut masalah ini guna menemukan solusi terbaik yang dapat disepakati kedua belah pihak.

Sebelumnya, pada tahun 2005, Ben Bot, menteri luar negeri Belanda saat itu, mengatakan bahwa Indonesia telah diberikan kemerdekaan de facto pada 17 Agustus 1945. Namun, pengakuan resmi Belanda tetap menunjukkan bahwa Indonesia merdeka pada tahun 1949.

0 Komentar