Intergasi Sosial Dapat Terwujud Dengan adanya?

Intergasi Sosial Dapat Terwujud Dengan adanya?
Intergasi Sosial Dapat Terwujud Dengan adanya?(baliteknologikaret)
0 Komentar

sumedangekspres Intergasi Sosial, integrasi sosial adalah pembauran atau penyesuaian pola hubungan sosial atas perbedaan yang ada. Baik itu perbedaan dalam bentuk perbedaan fisik, budaya, suku, dan lain sebagainya. Integrasi sosial dalam kehidupan dapat terwujud dengan adanya kesepakatan bersama.

Kesepakatan ini dibuat sebagai proses penyesuaian berbagai elemen masyarakat. Integrasi sosial dalam kehidupan dapat dicapai dengan apa lagi?

Dalam buku berjudul Sosiologi SMA/MA Kelas XI yang diedit oleh Puline Pudjiastiti, mengutip William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff, inklusi sosial dalam kehidupan dapat dicapai dengan kesadaran. Pelengkap, kesepakatan dan kohesi.

Baca Juga:Peringatan Hut Ke 78 Kemerdekaan RI 2023 Mengajak Semarkan Indonesia Maju Dengan KebersamaanIsi teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Integrasi sosial adalah proses penyesuaian atau asimilasi berbagai bagian masyarakat. Istilah integrasi sosial berasal dari kata dasar “integration” yang berarti asimilasi.

Integrasi sosial dalam kehidupan dapat dicapai dengan kesepakatan bersama. Kesepakatan ini dibuat sebagai proses penyesuaian atas berbagai faktor sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.

Dalam modul berjudul Modul Sosiologi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jika kita perhatikan akar katanya, mengintegrasikan dalam bahasa Inggris berarti merenovasi sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

Menurut Study, contoh integrasi sosial adalah berupa kesepakatan bersama dalam masyarakat tentang makna, bahasa, budaya, dan sistem lainnya. Integrasi sosial meminimalkan perbedaan dan mendorong semua kelompok untuk hidup berdampingan.

Integrasi sosial dalam kehidupan dapat dicapai dengan kesepakatan bersama. Dimana ada perbedaan, satukan dengan nilai dan standar yang disepakati, lalu lakukan secara konsisten.

Dalam buku Sosiologi Hukum karya Baso Madiong, inklusi sosial dalam kehidupan dapat dicapai dengan tatanan sosial, seperti kontrol dan kekuasaan sosial, adat istiadat, dan norma, legitimasi, kredibilitas dan kepemimpinan.

1. Saling Melengkapi

Integrasi sosial dalam kehidupan dapat terwujud dengan adanya anggota masyarakat yang saling mengisi satu sama lain.

2. Kesepakatan Bersama

Baca Juga:Unduh Logo Hut RI Ke 78 Kemerdekaan 202317 Agustus 2023 Itu Pada Hari Apa Sih?

Integrasi sosial dalam kehidupan dapat terwujud dengan adanya adanya kesepakatan atau konsensus bersama yang berkaitan dengan norma dan nilai.

0 Komentar