Girimukti Perkuat Program Ketahanan Pangan

Girimukti Perkuat Program Ketahanan Pangan
Kepala Desa Girimukti, Adang Arifin saat memaparkan kegiatan program ketahanan pangan di desanya .
0 Komentar

KOTA- Program Ketahanan pangan di Desa Girimukti, Kecamatan Sumedang Utara tahun 2023, dititik beratkan pada penguatan program ketahanan pangan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2022. Hal ini disampaikan Kepala Desa Girimukti, Adang Arifin kepada Sumeks baru-baru ini.

Dikatakanya, untuk program penguatan dilakukan dengan adanya penambahan pada bidang peternakan domba, yang tahun 2022 baru satu kelompok yang dibentuk.

” Tahun ini kita menambah dua kelompok, bahkan di akhir tahun nanti mungkin masih ada satu kelompok ternak domba yang akan dikembangkan di desa kami,” ucap Adang.

Baca Juga:Kemarau, Warga Konsumsi Air KotorImplementasi SOTK di Kampus UPI di Sumedang Untuk Efisiensi dan Optimalisasi IKU

Menurut Adang, sejauh ini masyarakat cukup nyaman dalam pengelolaan ternak domba. Karena masih terkejar di posisi pakan, namun untuk ternak sapi mungkin masyarakat masih merasa berat.

Kades mengungkapkan, untuk program ketahanan pangan di Desa Girimukti, didukung juga oleh peternakan yang lainnya, seperti peternakan ayam petelur dan ternak ikan lele, serta bidang pertanian dengan dibentuknya Kelompok Wanita Tani (KWT) pemberdayaan dari PKK. Bahkan, sekarang sudah mulai mengarah ke hidroponik, serta budidaya sayuran biasa yang masih berjalan dan terus dikembangkan.

“Alhamdulillah dari satu kelompok yang ternak indukan sudah cukup bertambah, yang awalnya bibit indukanya 10 ekor domba sekarang sudah bertambah menjadi 16 ekor. Sementara kelompok ternak lainnya lebih dominan pada ternak domba sistem penggemukan,” katanya.

Lebih jauh adang mengatakan, kalaupun memang tahun depan masih ada kebijakan untuk anggaran program Ketahanan pangan, mungkin pihaknya akan lebih mengarah ke hasil. Termasuk buah-buahan yang sudah dikerjakan di awal program ketahanan pangan ini.

“Jadi ke depanya tanah kas desa yang cukup luas, itu akan lebih dikembangkan lagi ke arah yang menghasilkan dengan pengembangan peternakan dan penanaman buah yang terus dibimbing oleh Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian serta Dinas terkait,” kata Adang.

Pihak Desa berharap program Ketahanan pangan ini terus berkelanjutan tiap tahunnya.

” Mudah-mudahan tahun depan program Ketahanan pangan dari Pemerintah masih ada walaupun mungkin persentasenya berkurang tapi terus berkelanjutan ,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar