Beberapa Negara Yang Menjalin Hubungan Kerja Sama Bilateral Saat Dan Setelah Kemerdekaan Indonesia

Beberapa Negara Yang Menjalin Hubungan Kerja Sama Bilateral Saat Dan Setelah Kemerdekaan Indonesia
Beberapa Negara Yang Menjalin Hubungan Kerja Sama Bilateral Saat Dan Setelah Kemerdekaan Indonesia(InfoPublik)
0 Komentar

Perjanjian bilateral yang telah ditandatangani adalah Diplomatic/Passport-free Service Agreement (2013), Bilateral Consultation Memorandum of Understanding (2013) dan Cooperation Framework Agreement (2015). Kosta Rika merupakan mitra dagang terbesar keempat Indonesia di Amerika Tengah (setelah Panama, Guatemala, dan Honduras). Perputaran perdagangan bilateral antara Indonesia dan Kosta Rika pada tahun 2021 sebesar 44 juta USD, Indonesia surplus sebesar 29,1 juta USD.

Meksiko

Hubungan diplomatik Indonesia-Meksiko dibuka dengan penandatanganan Joint Declaration di Washington DC tanggal 6 April 1953. Bagi Indonesia, Meksiko merupakan mitra ekonomi dan perdagangan, di mana Meksiko merupakan negara tujuan ekspor terbesar ke-3 di wilayah Amerika setelah AS dan Brazil, kontributor surplus ke-2 terbesar setelah AS serta akses pasar produk Indonesia ke wilayah Amerika Utara dan Tengah.

Selama tahun 2021, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan nilai perdagangan antara Indonesia dan Meksiko sebesar US$ 1,61 milyar, meningkat sebanyak 33,46% dibandingkan tahun sebelumnya. Kinerja ekspor non-migas Indonesia menjadi salah satu sumbangsih peningkatan volume perdagangan tersebut, di mana volume ekspor non-migas meningkat sebanyak 46,21% pada tahun 2021 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga:Rekomendasi Tiga dari Banyaknya Tempat Destinasi yang Menjadi Saksi Kemerdekaan IndonesiaBingung Mau Nonton Anime Apa? Ini 10 Rekomendasi Anime Adaptasi dari Manhwa yang Pasti Seru

Selain itu, Meksiko juga merupakan salah satu mitra penting dalam kerjasama regional/global dan inisiatif kemitraan global (G20, MIKTA, APEC, FEALAC, dan Pacific Alliance).

Brasil

Hubungan diplomatik Indonesia-Brasil terjalin pada Maret 1953 dan mencapai tingkat yang lebih tinggi dengan dideklarasikannya kemitraan strategis pada 2008. IR-Brasil memiliki mekanisme dialog bilateral, Konsultasi Bilateral (FKB) dan Sidang Komite Bersama (SKB). Brasil merupakan satu-satunya negara di Amerika Selatan yang memiliki kemitraan strategis dengan Indonesia dan berstatus mitra regional ASEAN. Letak strategis kedua negara sebagai hub di Asia Tenggara dan Amerika Latin juga menawarkan potensi besar bagi pengembangan hubungan perdagangan dan investasi.

Total nilai perdagangan Indonesia-Brazil pada periode tahun 2021 akan meningkat sebesar 15,53%, dimana pada tahun 2020 menjadi US$3,58 miliar menjadi US$4,13 miliar pada tahun 2021. Ekspor Indonesia ke Brasil pada tahun 2021 tercatat meningkat sebesar 48,71%, dari 1 miliar USD pada tahun 2020 menjadi 1,5 miliar USD pada tahun 2021. Impor Indonesia dari Brasil juga meningkat sebesar 2,37%, dari 2,56 miliar USD pada tahun 2020 menjadi USD 2,62 miliar pada tahun 2021. .

0 Komentar