Beberapa Negara Yang Menjalin Hubungan Kerja Sama Bilateral Saat Dan Setelah Kemerdekaan Indonesia

Beberapa Negara Yang Menjalin Hubungan Kerja Sama Bilateral Saat Dan Setelah Kemerdekaan Indonesia
Beberapa Negara Yang Menjalin Hubungan Kerja Sama Bilateral Saat Dan Setelah Kemerdekaan Indonesia(InfoPublik)
0 Komentar

sumedangekspres – Kemerdekaan Indonesia, kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dengan negara sahabat maupun dengan organisasi internasional, baik organisasi antar pemerintah maupun lembaga swadaya masyarakat.

Dalam menjalin hubungan tersebut, Indonesia selalu mengedepankan bentuk kehidupan bermasyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai saling menghormati, tidak mencampuri urusan negeri negara lain, penolakan penggunaan kekerasan serta konsultasi dan mengutamakan konsensus dalam proses pengambilan keputusan.

Khususnya dalam kerjasama dalam bidang Transportasi, Pemerintah Indonesia, secara aktif, mengikuti berbagai pertemuan dan forum untuk mencapai tujuan bersama. Sebelum itu sebenarnya apa sih arti dari kerja sama bilateral? Bilateral adalah hubungan antara dua negara dengan tujuan saling menguntungkan kedua belah pihak. Saat ini Indonesia telah menjalin kerjasama bilateral dengan 162 negara serta satu teritori khusus yang berupa non-self governing territory.

Baca Juga:Rekomendasi Tiga dari Banyaknya Tempat Destinasi yang Menjadi Saksi Kemerdekaan IndonesiaBingung Mau Nonton Anime Apa? Ini 10 Rekomendasi Anime Adaptasi dari Manhwa yang Pasti Seru

Negara-negara mitra kerjasama Indonesia ini terbagi dalam delapan kawasan (Afrika, ​Timur Tengah, Asia Timur dan Pasifik, Asia Selatan dan Tengah, Amerika Utara dan Tengah, Amerika Selatan dan Karibia, Eropa Barat, dan Eropa Tengah dan Timur). Hubungan luar negeri Indonesia dengan negara-negara lain telah dimulai sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945. Berbagai forum, baik bilateral, regional maupun multilateral telah dirancang oleh Indonesia bersama-sama dengan negara-negara sahabat.

Jadi negara mana saja kah yang berperan dalam hubungan kerja sama bilateral dengan Indonesia? Inilah beberapa negaranya!

Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan mitra strategis dan dagang terbesar kedua Indonesia selama dua tahun berturut-turut (2020 dan 2021). Pada tahun 2022, total nilai perdagangan tahun 2022 (Januari hingga September) adalah 30,75 miliar USD, naik 16,67% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Nilai ekspor RI ke Amerika Serikat pada tahun 2022 (Januari-September) sebesar $21,97 miliar, naik 20,38% year-on-year.​

Kosta Rika

Hubungan diplomatik RI-Kosta Rika dimulai dengan penandatanganan komunike bersama di New York pada 9 Januari 1985. Hubungan KBRI Panama juga terus terjalin dengan Kosta Rika. Di pihak Kosta Rika, hubungan dengan Indonesia dijamin oleh Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta (dibuka oleh Menteri Luar Negeri Kosta Rika, Manuel Antonio Gonzales Sans pada 5 September 2017).

0 Komentar