Warga Olah limbah Menjadi Pakan Unggas

KREATIF: Andri warga Dusun Neglasari, Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang melakukan pemanfaatan limbah tepung aci menjadi pakan unggas. .(istimewa)
KREATIF: Andri warga Dusun Neglasari, Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang melakukan pemanfaatan limbah tepung aci menjadi pakan unggas. .(istimewa)
0 Komentar

sumedangekpsres– Sejumlah warga Dusun Neglasari, Desa Sukamaju, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang melakukan pemanfaatan limbah tepung aci menjadi pakan unggas. Salah satu pekerja, Andri, mengatakan jika sudah tiga bulan Pabrik Aci tersebut melakukan pemanfaatan limbah tepung menjadi pakan unggas seperti bebek.

“Sudah ada tiga bulan lebih, memang dari pada terbuang. Kami mencoba mengolah limbah yang ada menjadi campuran pakan unggas yang bisa digunakan, oleh masyarakat,” ujarnya kepada Sumeks, baru-baru ini.

Andri juga menambahkan, jika pada awalnya inisiatif ini didapatkan saat ada bantuan dari pemerintah, Berupa beberapa unggas bebek dan mencoba untuk memanfaatkan moment tersebut untuk membuat campuran pakan dari limbah tepung aci.

Baca Juga:Pelajar Antusias Mengenal KoprasiAtmi Gelar Lomba Karoke Pop Sunda

Dalam satu hari pabrik Aci tersebut bisa menghasilkan kisaran 5 kuintal limbah tepung aci dan olahan pakannya sendiri diberikan sebagian kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami memang memberikannya secara gratis kepada para peternak bebek yang ada di sekitar. Mereka tinggal datang dan mengambil sendiri olahan pakan tersebut ke dalam karung yang mereka bawa,” terangnya.

Andri mengatakan, jika memang pemanfaatan limbah menjadi campuran pakan tersebut cukup efektif. Karena terlihat dari seringnya peternak yang datang setiap bulan meminta kembali olahan pakan tersebut.(cr)

0 Komentar