Kebun Coklat Keren di Kaki Gunung Palasari Sumedang: Tempat Asyik buat Nongkrong dan Peluang Bisnis Coklat yang Gokil

Kebun Coklat Keren di Kaki Gunung Palasari Sumedang: Tempat Asyik buat Nongkrong dan Peluang Bisnis Coklat yang Gokil
Kebun Coklat Keren di Kaki Gunung Palasari Sumedang: Tempat Asyik buat Nongkrong dan Peluang Bisnis Coklat yang Gokil/iStock
0 Komentar

sumedangekspres – Kebun Coklat Keren di Kaki Gunung Palasari Sumedang Punya Abang Aca yang Alamatnya di Kampung Nalegong, Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Tempat Kebun Coklat di Sumedang ini punya view pedesaan yang kece banget dan luasnya sawah bisa lo lihat jelas banget dari bawah gunung palasari.

Nah, walaupun rutenya menuju Kebun Coklat di Sumedang ini agak ekstra capek, tapi ketika sampe di sana, lo pasti ngerasa it’s worth it banget deh karena pemandangannya cakep banget, bisa bikin mata jadi betah.

Baca Juga:Yuk Kita Nge-eksplore Agrowisata Kebun Coklat Keren di Bawah Gunung Palasari SumedangMenjelajahi Wisata Agrowisata: Kebun Coklat di Kaki Gunung Palasari Sumedang

Tapi satu hal, ini Kebun Coklat di Sumedang belum official jadi destinasi agrowisata, jadi kalo lo pengen kesini, lebih baik lo minta restu dulu sama pemiliknya atau yang ngurus tempatnya.

Kalo lo beruntung, lo bisa dapet oleh-oleh coklat enak dengan beli langsung dari om pemilik Kebun Coklat di Kaki Gunung Palasari Sumedang ini.

Peluang Usaha Tanam Kakao atau Coklat yang Gokil

Pohon kakao alias coklat jadi salah satu komoditas perkebunan yang harganya lumayan banget dan bisa jadi peluang usaha yang asik banget.

Kakao atau coklat ini jadi bahan dasar cokelat, dan lo bisa panenin sepanjang tahun, gak ada musim-musim ribet.

Dalam bisnis tanam kakao, lo bisa panen tiap hari setelah pohon kakao dewasa.

Kakao ini sekarang jadi bahan pokok buat banyak orang buat bikin makanan, minuman, dan bahkan produk kecantikan.

Makanya, peluang bisnis budidaya kakao ini cerah banget. Tanaman kakao (Theobroma Cacao L) cocok banget sama tanah dan cuaca di Indonesia, termasuk di Wilis, khususnya di kaki bukit.

Baca Juga:Yuk Pergi Ke Agrowisata Kebun Coklat di Sumedang Ini! Sut Ada Rahasia Bisnisnya Juga!Yuk Kita Keliling Ke Wisata Agrowisata Kebun Coklat di Kaki Gunung Palasari Sumedang!

Orang di Desa Segulung biasanya gunain tanah bukit buat tanam kakao sama cengkeh.

Tanaman ini sering ditanam bareng-bareng karena lahan gak cocok buat tanam padi. Uniknya, cengkeh cuma bisa panen sekali dalam setahun, tapi pohon kakao bisa dipetik hampir tiap hari setelah umur 3 tahun ke atas.

0 Komentar