Makan Tahu Enak di Sumedang, Inilah Tahu Sumedang Berasal Dari…………

Tahu Sumedang berasal
Tahu Sumedang berasal(wikipedia.com)
0 Komentar

sumedangekspres– Tahu Sumedang berasal, makanan ini mengandung banyak protein nabati karena terbuat dari kacang kedelai. Cocok menjadi santapan berbagai usia, apalagi untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan. Tahu bisa diolah dengan berbagai cara, seperti dibacem, dipepes, ataupun digoreng. Tahu yang digoreng paling terkenal adalah tahu sumedang.

Tahu adalah makanan yang berasal dari Tiongkok; dikenal dengan istilah doufu. Menurut William Shurtleff dan Akiko Aoyagi dalam “History of Tofu”, dokumen paling awal yang menyebutkan istilah doufu adalah Ch’ing I Lu, ditulis oleh T’ao Ku sekitar tahun 950 M. Tahu dikonsumsi luas karena harganya lebih murah daripada daging kambing. Tahu kemudian menjadi populer di seluruh Tiongkok pada awal Dinasti Sung tahun 960 M.

Tahu Sumedang berasal, Secara bertahap tahu menyebar ke negara-negara lain di Asia Timur dan Tenggara, termasuk Malaysia dan Indonesia. William Shurtleff dan Akiko Aoyagi menyebut, tahu diperkenalkan ke dunia Melayu oleh orang-orang dari perbatasan Fujian-Guangdong antara Amoy dan Swatow.

Baca Juga:Inilah Komik Madloki Terbaru 2023 pdfOOTD Inspirasi Warna Fuschia Cocok Dengan Jilbab Warna Apa?

Jenis tahu yang ditemukan di Malaysia dan Indonesia sangat mirip dengan jenis yang ditemukan di Cina selatan, termasuk jenis tahu fermentasi, tahu yang memiliki tekstur sangat kompak (pressed tofu), dan tahu goreng (deep-fried tofu)

Ketrampilan membuat tahu dibawa orang-orang Tionghoa yang datang dan menetap di Nusantara. Kapan persisnya belum dapat ditentukan. Namun, orang Kediri mengklaim diri sebagai yang pertama di antara kota-kota di Nusantara yang mengenal tahu. Klaim tersebut berdasarkan kedatangan balatentara Kubilai Khan tahun 1292, yang diyakini membawa dan mengenalkan kuliner asli Negeri Tirai Bambu tersebut.

Kata tahu sendiri, menurut Hieronymus Budi Santoso dalam Teknologi Tepat Guna Pembuatan Tempe dan Tahu Kedelai, berasal dari bahasa Tionghoa tao-hu atau teu-hu. Teu berarti kacang kedelai, sedangkan hu berarti hancur menjadi bubur. Dengan demikian secara harfiah, tahu adalah makanan dengan bahan baku kedelai yang dihancurkan menjadi bubur.

Karena pembuatannya yang relatif mudah, dengan cepat tahu menjadi makanan populer dan bisa dinikmati semua kalangan. Bahkan muncul berbagai varian tahu dan penganan berbahan tahu. Ada tahu kuning, ada tahu putih atau tahu sutera. Ada beberapa jenis tahu yang dinamai berdasarkan tempat asal pembuatannya seperti tahu kediri, tahu tegal, tahu bandung, dan tahu sumedang.

0 Komentar