Benarkah Aphrodite Dewi Cinta yang Sulit diterka? Inilah Sekilas Sejarah dan Asal Usul Aphrodite!

Asal Usul Aphrodite
Asal Usul Aphrodite(albazars.id)
0 Komentar

sumedangekspres– Asal Usul Aphrodite, Aphrodite merupakan salah satu dari dua belas dewa dan dewi yang tinggal di Gunung Olympus.

Asal Usul Aphrodite, Lahir di dekat Siprus dari alat kelamin dewa langit Uranus yang terputus, Aphrodite sejatinya memiliki makna lebih luas daripada pandangan tradisional sebagai dewi cinta belaka.

Dipuja oleh pria dan wanita dari berbagai kalangan, Aphrodite juga berperan dalam perdagangan, peperangan, dan politik kota-kota Yunani kuno.

Baca Juga:OOTD KECE! Celana Hijau Army Cocok Dengan Baju Warna Apa?Bagaimana Cara Menggambar Pemandangan? Inilah Cara Mudah dan Langsung Bisa Dipraktikan!

Selain itu, Aphrodite dihormati sebagai pelindung orang yang bepergian melalui laut dan para pelacur serta penghibur.

Aphrodite sering dipandang sebagai pribadi tak terduga, mirip dengan hasrat cinta yang juga sulit diterka.

Padanan Romawi untuk Aphrodite adalah Venus.

Dalam mitologi Yunani, Aphrodite lahir ketika Cronus mengebiri ayahnya Uranus (Ouranos) dengan sabit dan melemparkan alat kelamin Uranus ke laut di mana Aphrodite muncul dari tengah-tengah busa yang dihasilkan (aphros).

Dalam versi ini, hubungan Aphrodite dengan Zeus sebagai penguasa Gunung Olympus adalah sebagai bibi.

Sementara Zeus adalah anak Cronus, Aphrodite merupakan putri Uranus.

Hal ini membuat Aphrodite agak unggul atau setidaknya berdiri sama tinggi dengan Zeus, meskipun sang dewi menyerahkan semua kekuasaan kepada Zeus.

Dalam versi lain, Aphrodite adalah putri Zeus dan Dione, sang Titan wanita.

Hesiod menceritakan versi pertama dan Homer yang kedua, sehingga membuat orang-orang Yunani terganggu oleh kontradiksi dari dua penulis besar mitos mereka.

Baca Juga:Sekilas Sejarah Raden Kian Santang Setelah Masuk IslamMau Tampil Kece Depan Ayang? Inilah Inspirasi Baju Merah Cocok Dengan Celana Warna Apa?

Plato bahkan mengusulkan teori untuk mendamaikan dua penulis kuno tersebut, menyatakan bahwa sebenarnya terdapat dua dewi yang berbeda dengan nama yang sama.

Satu dewi untuk mewakili cinta yang lebih tinggi antara manusia dan yang lain untuk mewakili cinta antara laki-laki dan wanita.

Asal-usul Aphrodite
Diyakini lahir dekat dengan Siprus, Aphrodite secara khusus dipuja di Paphos, Siprus.

Terdapat kemungkinan asal-usul Aphrodite mendapatkan pengaruh dari timur dan merupakan evolusi dari dewi Fenisia, Astarte, atau dewi Timur Dekat, Inanna (Ishtar).

Dua wilayah Yunani dan Timur Dekat diketahui mengalami pertukaran budaya yang intens sebelum Periode Arkais abad ke-8 SM.

0 Komentar