Inilah Sejarah Lengkap Terbentuknya Bulan Sabit Merah, Asal Usul Bulan Sabit Merah

Inilah Sejarah Lengkap Terbentuknya Bulan Sabit Merah, Asal Usul Bulan Sabit Merah
Inilah Sejarah Lengkap Terbentuknya Bulan Sabit Merah, Asal Usul Bulan Sabit Merah (FOTO : blogs.icrc.org)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Inilah Sejarah Lengkap Terbentuknya Bulan Sabit Merah, Asal Usul Bulan Sabit Merah.

Masyarakat Bulan Sabit Merah adalah organisasi kemanusiaan global yang berkomitmen untuk memberikan bantuan medis, perlindungan dan bantuan kepada korban konflik, bencana alam dan keadaan darurat lainnya.

Didirikan pertama kali oleh Turki pada 11 Juni 1868, organisasi ini menjadi simbol solidaritas kemanusiaan dan simbol perlindungan bagi mereka yang membutuhkan.

Baca Juga:Sejarah Lengkap International Comittee of the Red Cross (ICRC), Ternyata Ini Bapak Palang Merah DuniaAsal Usul Nama Gunung Sunda Bandung Provinsi Jawa Barat, Awalnya Bukan Gunung?

Masyarakat Bulan Sabit Merah didirikan oleh sekelompok sukarelawan Turki yang terinspirasi oleh upaya Henry Dunant, pendiri Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

Tujuan awal organisasi ini adalah untuk memberikan perawatan medis kepada tentara yang terluka dalam pertempuran, terlepas dari pihak mana yang terlibat dalam konflik tersebut.

Upaya ini didasarkan pada prinsip-prinsip kemanusiaan universal yang melampaui batas-batas politik dan negara.

Penggunaan simbol bulan sabit merah pertama kali muncul dalam konteks peperangan, ketika Kesultanan Ottoman menghadapi konflik bersenjata antara Ottoman dan Rusia pada tahun 1877-1878.

Simbol ini dipilih untuk mengidentifikasi kendaraan medis militer dan personel medis yang tercakup dalam perjanjian internasional.

Lambang Bulan Sabit Merah pertama kali diakui secara resmi dalam Konvensi Jenewa tahun 1929 untuk perlindungan tenaga medis dan fasilitas kesehatan di masa perang.

Simbol ini merupakan simbol kemanusiaan netral yang diakui secara internasional dan digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan dan personel medis yang dilindungi.

Baca Juga:Asal Usul Nama Cadas Pangeran Sumedang, Ada Hubungannya Dengan Raja Sumedang Masa Lampau?Fakta Unik Keajaiban Dunia di Jawa Barat Yang Punya Kemiripan Dengan Candi Borobudur Magelang

Selain itu, organisasi ini juga mengembangkan prinsip-prinsip dasar hukum humaniter internasional, seperti perlindungan korban perang saudara dan tawanan perang.

Nah itulah artikel tentang Inilah Sejarah Lengkap Terbentuknya Bulan Sabit Merah, Asal Usul Bulan Sabit Merah.

0 Komentar