Sejarah Lengkap International Comittee of the Red Cross (ICRC), Ternyata Ini Bapak Palang Merah Dunia

Sejarah Lengkap International Comittee of the Red Cross (ICRC), Ternyata Ini Bapak Palang Merah Dunia
Sejarah Lengkap International Comittee of the Red Cross (ICRC), Ternyata Ini Bapak Palang Merah Dunia (FOTO : blogs.icrc.org)
0 Komentar

sumedangekspres – Berikut Sejarah Lengkap International Comittee of the Red Cross (ICRC), Ternyata Ini Bapak Palang Merah Dunia.

Sejak didirikan pada tahun 1863, tujuan ICRC semata-mata adalah untuk melindungi dan membantu para korban konflik dan pergolakan bersenjata.

ICRC mencapai hal ini melalui aksi kemanusiaan langsung di seluruh dunia, mendorong pengembangan hukum humaniter internasional (IHL) dan meningkatkan penghormatan terhadap HHI oleh pemerintah dan semua pemegang senjata.

Baca Juga:Asal Usul Nama Gunung Sunda Bandung Provinsi Jawa Barat, Awalnya Bukan Gunung?Asal Usul Nama Cadas Pangeran Sumedang, Ada Hubungannya Dengan Raja Sumedang Masa Lampau?

Sejarah ICRC adalah sejarah perkembangan aksi kemanusiaan, Konvensi Jenewa dan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Para pendiri Komite Palang Merah Internasional (ICRC) pertama kali bertemu pada bulan Februari 1863 di Jenewa, Swiss.

Salah satu dari lima anggota komite pendiri adalah seorang Jenewa bernama Henry Dunant, yang pada tahun sebelumnya telah menerbitkan sebuah buku berjudul Memory of Solferino yang menyerukan perawatan yang lebih baik bagi tentara yang terluka dan terluka dalam perang.

Belakangan pada tahun itu, komite tersebut berhasil mempertemukan para pejabat pemerintah untuk menyetujui usulan Dunant untuk membentuk asosiasi bantuan nasional untuk membantu layanan medis militer.

Dan pada bulan Agustus 1864, komisi tersebut meminta pemerintah untuk meratifikasi Konvensi Jenewa yang pertama.

Perjanjian tersebut mewajibkan angkatan bersenjata untuk merawat tentara yang terluka, terlepas dari faksi mereka, dan memberikan simbol terpadu perawatan medis palang merah dengan latar belakang putih.

Peran utama ICRC adalah koordinasi. Namun lambat laun, ICRC semakin terlibat dalam operasi lapangan seiring dengan semakin jelasnya kebutuhan akan perantara netral antara pihak-pihak yang bertikai.

Baca Juga:Fakta Unik Keajaiban Dunia di Jawa Barat Yang Punya Kemiripan Dengan Candi Borobudur MagelangTau Gak Sih, Ada 2 Situs Wisata Alam Yang Punya Kemiripan Dengan Keajaiban Dunia di Provinsi Jawa Barat?

Selama 50 tahun berikutnya, ICRC memperluas kegiatannya, dengan pembentukan beberapa asosiasi nasional (yang pertama di negara bagian Württemberg, Jerman pada bulan November 1863) dan adaptasi Konvensi Jenewa yang mencakup perang di laut.

0 Komentar