Inilah Jalur Pendakian Gunung Ceremai yang Jadi Salah Satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Jalur pendakian Gunung ceremai
Jalur pendakian Gunung ceremai(DOK.BADANPENGHUBUNGJABAR)
0 Komentar

2. Jalur Palutungan

Jalur Palutungan merupakan jalur populer untuk mencapai puncak dengan durasi sekitar 10 jam pendakian. Jalur Palutungan juga diakses dari Kuningan, di Resort Cigugur yang menjadi lokasi Kantor TNGC berada. Ada tujuh pos yang mesti dilewati untuk menuju puncak Ciremai, diawali dari Pos Cigowong yang merupakan satu-satunya sumber air di jalur ini.

Pos selanjutnya adalah Pos Kuta dan Pangguyangan Badak yang mudah dilalui dalam waktu kurang dari dua jam, yang didominasi trek landai. Memasuki Pos Arban, bersiaplah untuk mendaki banyak trek menanjak dan ini akan berlanjut hingga Pos Tanjakan Asoy dan Pos Pasanggrahan.

Menjelang mencapai puncak, pendaki akan menuju Pos Sanghyang Ropoh yang didominasi trek bebatuan dan bekas lava, di mana di sini terdapat pertemuan Jalur Apuy dari Majalengka yang disebut Simpang Apuy. Pos Goa Walet dengan lahan luas menjadi titik terakhir untuk bermalam sebelum mencapai puncak esok pagi dengan perjalanan sekitar 30 menit.

3. Jalur Linggasana

Baca Juga:Wisata Murah Sumedang Yang Menggairahkan Mata dan Menyejukan JiwaWanita Sang Penakluk, Inilah Kata-Kata Bijak Wanita yang Bikin Pria Luluh Seketika

Jalur ini termasuk yang lebih muda, yakni baru diresmikan sejak 2012 yang lalu. Letaknya ada di di dekat Linggarjati, tepatnya di Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus. Base camp Pos Pendakian Jalur Linggasana memiliki sarana cukup memadai, seperti toilet, warung makan, musala, dan bale-bale untuk beristirahat.

Idealnya, pendakian di jalur ini membutuhkan waktu 8-10 jam. Perjalanan diawali dengan melewati Situs Ki Kuwu yang dipercaya sebagai petilasan Mbah Kuwu, kemudian melintasi hutan pinus dan tiba di Pos Bangbadakan. Kemudian dilanjutkan ke Pos Sumber Air Wirabuana dan Pos Kiaralawang yang identik dengan dua pohon kiara berukuran besar yang tumbuh berdampingan.

Pendakian selanjutnya akan melewati hutan lebat yang sebenarnya menenangkan, tapi trek yang ditempuh tetap menantang. Dari Pos Pangreureuhan di ketinggian 2.723 meter di atas permukaan laut, dapat terlihat lereng menuju puncak. Anda akan melewati padang edelweis untuk menuju puncak.

4. Jalur Apuy

Berbeda dengan tiga jalur lain yang berada di Kuningan, Jalur Apuy diakses dari Majalengka dengan waktu tempuh sekitar 7-8 jam pendakian. Jalannya saat itu masih rusak dan sempit. Jalur pendakian ini adalah favorit para pemula karena merasa selesai makanan mereka sembuh.

0 Komentar