Inilah Jalur Pendakian Gunung Ceremai yang Jadi Salah Satu Gunung Tertinggi di Jawa Barat

Jalur pendakian Gunung ceremai
Jalur pendakian Gunung ceremai(DOK.BADANPENGHUBUNGJABAR)
0 Komentar

sumedangekspres– Jalur pendakian Gunung ceremai, Provinsi Jawa Barat memiliki gunung tertinggi yaitu gunung Ceremai. Secara administratif lokasi gunung ini berada dalam wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka. Ketinggian gunung yakni 3.078 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut ini berada di dua kabupaten, yaitu Kuningan dan Majalengka.

Sejak 8 Agustus, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) membuka kembali kegiatan pendakian Gunung Ciremai dan hanya diizinkan untuk perjalanan 2 hari 1 malam. Untuk mencapainya, ada empat jalur pendakian Gunung Ciremai yang tersebar di Kabupaten Kuningan dan Majalengka. Empat jalur pendakian yang bisa dipilih untuk mencapai puncak gunung tertinggi di Jawa Barat ini adalah Linggarjati, Palutungan, Linggasana, dan Apuy.

Berikut Jalur pendakian Gunung ceremai:

1. Jalur Linggarjati

Baca Juga:Wisata Murah Sumedang Yang Menggairahkan Mata dan Menyejukan JiwaWanita Sang Penakluk, Inilah Kata-Kata Bijak Wanita yang Bikin Pria Luluh Seketika

Jalur Linggarjati memiliki akses yang mudah dari Jakarta. Pendaki bisa melewati Cirebon dan dilanjutkan ke Kuningan sampai di basecamp Ranger Linggarjati. Di basecamp, pendaki dapat beristirahat dan menyiapkan diri untuk pendakian di pagi hari. Perlu diingat bahwa tidak banyak ditemukan sumber air di jalur Linggarjati, sehingga Anda dapat mengisinya di Pos Cibunar.

Jika Anda memutuskan untuk mendaki melalui jalur ini, maka hindari pendakian di malam hari karena Linggarjati memiliki banyak tanjakan. Selain itu, jalur Linggarjati juga merupakan jalur paling panjang untuk mencapai puncak, yakni dibutuhkan 11-13 jam pendakian (jalan santai) dengan menjajal tanjakan Binbin, Seruni, dan Bapa Tere.

Sebelum mencapai pundak atau summit, pendaki dapat mendirikan tenda di Pos Sanggabuana I dan Sanggabuana II yang cantik saat matahari terbit. Dari Pos Sanggabuana II hanya dibutuhkan 2-2,5 jam untuk mencapai puncak.

0 Komentar