Licin Prioritaskan Ketahanan Pangan

Kepala Desa Licin Zulkifli M Ridwan, saat memaparkan alokasi program Ketahanan pangan di Desanya.
Kepala Desa Licin Zulkifli M Ridwan, saat memaparkan alokasi program Ketahanan pangan di Desanya.
0 Komentar

 

CIMALAKA- Alokasi Dana Desa (DD) tahun 2023 untuk program Ketahanan pangan di Desa Licin Kecamatan Cimalaka diprioritaskan pada dua program kegiatan, yaitu Teras hijau dan pemberdayaan Tanah kas desa yang berlokasi di blok Pasirhaji RW 08 dan RW 09. Hal ini disampaikan Kepala Desa (Kades) Licin Zulkipli M Ridwan, pada Sumeks baru-baru Ini.

Untuk program kegiatan Teras hijau direalisasikan dengan pengadaan bibit sayuran beserta poliback yang di sebarkan ke tiap RW, sementara untuk program kegiatan Pemberdayaan Tanah kas desa yaitu dengan pengelolaan Tanah kas desa yang awalnya tandus dikelola menjadi tanah produktif dan memiliki nilai ekonomis.

” Untuk realisasi kegiatan pemberdayaan Tanah kas desa yaitu dengan penanaman bibit pohon pisang, yang pengelolaanya di serahkan kepada sepuluh RW yang ada di Desa Licin, dengan rincian satu RW itu menggarap lahan seluas 200 bata, dengan awal pemberian bibit pohon pisang sebanyak 200 pohon lebih,” jelas Kades.

Baca Juga:Regolwetan Meriahkan HUT RI Ke 78SITU Meriahkan HUT RI Ke 78

Zulkifli menegaskan, program ketahanan pangan ini harus berkelanjutan karena disamping masyarakat kedepan akan mendapat keuntungan, para Ketua RW juga akan memiliki uang Kas dan Tanah kas desa yang tadinya tandus akan alih pungsi menjadi lahan perkebunan yang hijau dan produktif.

” Diprediksi dalam jangka satu tahun setengah, bibit pohon pisang yang ditanam warga sudah bisa di panen hasilnya, jadi Tanah kas desa yang tadinya tandus, nanti akan berubah jadi tanah produktif menghasilkan nilai ekonomis , ” ujarnya.

Dia berharap untuk program ketahanan pangan ini terus berkelanjutan dan bisa meningkatkan perekonomian Warganya.

” Kami selaku Pemerintahan Desa berharap, program Ketahanan pangan ini terus berkelanjutan, dan kedepanya diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dalam mengentaskan kemiskinan, serta menurunkan angka stunting, khususnya di Desa Licin,” pungkas Kades. (ahm)

0 Komentar