Sebelum Menyesal Lebih Baik Liat Dulu Efek Samping KB! Inilah Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

Efek samping KB 3 bulan
Efek samping KB 3 bulan(pyfahealth.com)
0 Komentar

4. Sakit kepala
Salah satu efek samping KB suntik 3 bulan adalah sakit kepala. Keluhan tersebut umum dialami oleh sebagian wanita yang menggunakan jenis KB ini karena adanya perubahan pada hormon esterogen.

Tidak hanya sakit kepala, keluhan lain, seperti merasa lelah dan pusing, juga bisa terjadi pada wanita yang menggunakan KB suntik 3 bulan.

5. Menimbulkan jerawat
Perubahan hormon yang terjadi setelah melakukan KB suntik 3 bulan dapat menyebabkan produksi kelenjar minyak dan lemak yang berlebihan di wajah. Hal inilah yang membuat jerawat lebih cepat muncul, terlebih jika terjadi penyumbatan pada pori-pori wajah.

Baca Juga:Ke Bandung untuk Healing Sekaligus Staycation? Yuk Intip Rekomendasi Wisata Bandung Timur Beserta Hotel yang Murah BangetWisata Religi di Masjid Al-Jabbar Bisa Sekalian Healing ke Tempat Wisata? Inilah Wisata Alam dekat Masjid Al-Jabbar

6. Tidak terlindungi dari penyakit menular seksual
Penggunaan KB suntik 3 bulan tidak bisa melindungi penggunanya dari penyakit menular seksual. Oleh karena itu, ketika memiliki alat kontrasepsi ini, Anda tetap disarankan untuk menggunakan kondom guna mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual.

7. Memengaruhi kesuburan
Efek samping KB suntik 3 bulan lainnya adalah berpengaruh terhadap kesuburan. Ketika memilih untuk menggunakan jenis KB ini, Anda mungkin memerlukan waktu 10−18 bulan untuk bisa hamil setelah pemakaian dihentikan.

Oleh karena itu, jenis KB ini mungkin bukan pilihan yang tepat jika Anda yang ingin segera hamil.

Selain beberapa efek samping KB suntik 3 bulan di atas, alat kontrasepsi ini bisa menimbulkan efek samping lain, seperti rambut rontok, sakit perut, perut kembung, gugup, dan reaksi alergi pada beberapa orang.

Terlepas dari berbagai efek samping KB suntik 3 bulan, jenis kontrasepsi ini juga memiliki beberapa keunggulan, seperti efektif mencegah kehamilan selama 3 bulan, tidak menganggu aktivitas seksual, dan tidak perlu dikonsumsi setiap hari atau digunakan sebelum berhubungan seks.

Perlu diperhatikan bahwa KB suntik 3 bulan tidak cocok untuk digunakan oleh semua orang, apalagi jika Anda memiliki riwayat depresi, risiko mengalami osteoporosis, kanker payudara, pendarahan di luar siklus menstruasi tanpa sebab yang jelas, penyakit hati, dan riwayat serangan jantung atau stroke.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan informasi mengenai manfaat, cara kerja, dan efek samping KB suntik 3 bulan atau alat kontrasepsi lainnya yang sesuai dengan kondisi Anda.’

0 Komentar