Sebelum Menyesal Lebih Baik Liat Dulu Efek Samping KB! Inilah Efek Samping KB Suntik 3 Bulan

Efek samping KB 3 bulan
Efek samping KB 3 bulan(pyfahealth.com)
0 Komentar

sumedangekspres– Sebelum menyesal lebih baik liat dulu Efek samping KB, yang baru menikah harus lebih hati-hati jika akan menggunakan KB, jika ingin menunda dulu kehamilan.

KB suntik 3 bulan merupakan jenis kontrasepsi yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena KB suntik 3 bulan tergolong praktis dan tidak perlu dilakukan setiap hari. Namun, dibalik kemudahannya, ada beberapa efek samping KB suntik 3 bulan yang perlu diketahui.

sebenarnya efek samping KB suntik 3 bulan yang paling umum adalah perubahan siklus menstruasi. Meskipun cukup efektif untuk mencegah kehamilan, jenis KB ini juga memiliki berbagai efek samping lain, mulai dari kenaikan berat badan, munculnya jerawat, hingga osteoporosis.

Baca Juga:Ke Bandung untuk Healing Sekaligus Staycation? Yuk Intip Rekomendasi Wisata Bandung Timur Beserta Hotel yang Murah BangetWisata Religi di Masjid Al-Jabbar Bisa Sekalian Healing ke Tempat Wisata? Inilah Wisata Alam dekat Masjid Al-Jabbar

Penggunaan KB suntik 3 bulan dinilai lebih efektif dan lebih mudah daripada mengonsumsi pil KB setiap hari. Namun, alat kontrasepsi KB suntik 3 bulan juga memiliki beberapa efek samping.

1. Perubahan siklus menstruasi
Perubahan siklus menstruasi merupakan salah satu efek samping KB suntik 3 bulan yang paling umum. Perubahan tersebut meliputi durasi menstruasi yang lebih panjang atau lebih pendek, darah haid yang keluar lebih banyak atau lebih sedikit, darah haid hanya berupa bercak, hingga tidak mengalami menstruasi sama sekali.

Selain itu, beberapa wanita yang telah 1 tahun menggunakan KB suntik 3 bulan bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali. Namun, siklus menstruasi umumnya akan kembali normal setelah penggunaan KB dihentikan.

2. Bertambahnya berat badan
Kenaikan berat badan juga merupakan efek samping KB suntik 3 bulan. Tingkat kenaikan berat badan pada pengguna KB suntik sangat bervariasi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan KB suntik setelah 3 tahun rata-rata mengalami peningkatan berat badan sekitar 5 kg. Bertambahnya berat badan bisa terjadi karena perubahan hormonal yang berpengaruh pada meningkatnya nafsu makan.

3. Nyeri di area bekas suntikan
Setelah melakukan KB suntik 3 bulan, Anda mungkin akan merasakan nyeri di area bekas suntikan. Sebenarnya ini adalah efek samping KB suntik 3 bulan yang ringan. Namun, jika nyeri terasa hebat, berkepanjangan, atau disertai berbagai gejala lain, seperti gatal, kemerahan, atau bernanah, segera periksakan diri ke dokter.

0 Komentar